Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Tujuh Kelebihan Gunakan Kartu Debit yang Harus Diketahui

109344_ilustrasi-kartu-kredit_663_382

Rifan Financindo Berjangka – Selain kartu kredit, masyarakat juga sering menggunakan kartu debit untuk transaksi non tunai mereka. Selain lebih efesien dan aman, Anda tidak perlu menenteng uang tunai yang rawan dari ancaman kriminalitas.

Mendapatkan kartu debit lebih mudah dibanding kartu kredit. Anda cukup membuka rekening di bank, dan secara otomatis Anda akan dilengkapi dengan kartu debit untuk memudahkan transaksi.
Anda bisa berbelanja, atau melakukan transaksi apa pun dengan kartu debit itu, selama jumlah saldo yang ada di tabungan mencukupi.
Berikut, ada tujuh kelebihan menggunakan kartu yang perlu Anda ketahui:
1.?Tidak ada iuran tahunan
Kartu debit tidak memiliki iuran tahunan sebagaimana kartu kredit, karena merupakan fasilitas penunjang tabungan Anda di bank. Anda bebas mengunakan kartu debit Anda, selama memiliki saldo tabungan.
Yang biasanya ada adalah biaya bulanan penggunaan ATM dan biaya transaksi setiap kali Anda berbelanja dengan kartu debit. Itu juga langsung dipotong dari saldo Anda.
2.?Tidak ada denda atau bunga
Karena mengunakan dana yang berada di tabungan Anda, maka kartu debit tidak berlaku denda, atau bunga. Berbeda dengan kartu kredit yang notabene ?memberikan? Anda bantuan dana sementara, sehingga denda dan bunga mutlak diberlakukan.
Namun, walaupun terdapat bunga di kartu kredit, sekarang Anda bisa menggunakan HelloMoney untuk membandingkan tawaran kartu kredit, dan menemukan biaya bunga terbaik sesuai kemampuan Anda.
3.?Tidak ada biaya tarik tunai di ATM bank penerbit
Anda bisa menarik tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan limit penarikan yang sudah ditentukan bank penerbit.
Kalau Anda menarik uang lewat ATM milik bank penerbit, tidak dikenakan biaya. Berbeda dengan menarik tunai di ATM bank lain yang mengenakan biaya penarikan, meskipun tidak sebesar penarikan dengan mengunakan kartu kredit.
Ada beberapa bank yang melakukan kerja sama untuk ATM, sehingga biaya penarikan dengan kartu debit cukup murah biar pun dilakukan antarbank. Misalnya saja, kerja sama antara bank pemerintah seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Negara Indonesia (BNI) yang menguntungkan nasabah dari semua bank tadi.
4.?Bebas cicilan
Kartu debit tidak akan membuat Anda mencicil dana yang digunakan. Karena yang Anda pakai dana milik Anda sendiri, alias bukan dana pinjaman. Semua barang, atau transaksi yang Anda lakukan dibayar dengan tunai, menggunakan saldo tabungan di rekening Anda.
5.?Bisa transaksi dalam jumlah besar
Anda ingin membeli mobil secara tunai? Nah, dengan mengunakan kartu debit, Anda bisa mentrasfer uang dalam jumlah besar ke rekening penjual. Ini salah satu keuntungan mengunakan kartu debit, yaitu transaksi bisa dilakukan dengan jumlah besar, tanpa limit, selama saldo rekening Anda mencukupi.
6.?Bukan kartu utang?
Kartu debit memudahkan Anda untuk mendapatkan uang tunai terutama lewat ATM. ?Kan, yang Anda tarik uangmu sendiri. Tidak ada alasan bank untuk menahan uang yang mereka simpan. Anda juga tidak dianggap berutang pada bank, sehingga pihak bank tidak mempersulit Anda menarik uang tersebut.
7.?Mengerem nafsu belanja
Kartu debit juga membantu Anda mengerem nafsu berbelanja. Jadi, kalau Anda ingin membeli laptop baru, Anda tidak bisa serta merta melakukan transaksi bila saldo Anda tidak mencukupi.
Kartu debit memang jadi alternatif transaksi non tunai yang risikonya lebih kecil dibanding dengan kartu kredit. Tetapi, tidak ada salahnya selain kartu debit, Anda juga memiliki kartu kredit.
Jika digunakan dengan benar, kartu kredit memiliki beberapa kelebihan dibanding kartu debit. Anda pasti setuju kalau bertransaksi bijaksana tetap berlaku entah itu untuk kartu kredit maupun kartu debit. Iya kan? (asp)