Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Trend Minor Konsolidasi Terjadi Pada Harga Kopi Arabika

coffee-beans-macro-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Fase konsolidasi masih menjadi tema utama dalam perdagangan kopi arabika (24/6). Sampai penutupan perdagangan dini hari tadi harga komoditas ini masih terjebak dalam pola konsolidasi dan bergerak di kisaran paling rendah sejak awal bulan Juni lalu.

Harga komoditas kopi arabika belum menemukan arah pergerakan yang pasti sehingga selama lima sesi belakangan bergerak naik turun. Indikator teknikal menunjukkan pola mayor dari pergerakan harga komoditas ini adalah bearish.

Harga kopi arabika sejak bulan Oktober tahun lalu telah menerima tekanan jual yang kuat. karena kondisi pasokan masih memberikan gambaran yang mantap. Departemen Pertanian Amerika Serikat telah meningkatkan proyeksi produksi kopi arabika di Kolombia. Negara di Amerika Selatan tersebut merupakan produsen kopi arabika terbesar kedua setelah Brazil. Kenaikan diperkirakan mencapai angka 4 persen dibandingkan dengan produksi pada tahun 2014 lalu.

Pada akhir perdagangan Kamis dini hari tadi harga kopi arabika mengalami pelemahan yang tajam. Harga kopi arabika untuk kontrak pengiriman bulan Juli yang merupakan kontrak paling aktif ditutup terpukul mundur sebesar 2,80 sen atau setara dengan 2,11 persen pada posisi 1,2970? dollar per pon.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya sudah berada dalam pola melemah. Untuk jangka pendek, menengah dan panjang harga komoditas ini masih saja berada dalam trend bearish.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level support di posisi 1,2500 dollar dan 1,2300 dollar. Sedangkan level resistance yang akan dihadapi jika terjadi kenaikan harga ada pada 1,3720 dollar dan 1,3900 dollar.