Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Tolong! Akun Gmail Saya Dibajak

ae44b991-7cf4-47db-8fa4-11bba0bd43bd_169Rifan Financindo Berjangka -?Jika akun kamu telah dibajak orang lain, nanti akan muncul pesan berwarna merah seperti: “Your password has been changed … days ago”. Klik “No Change password”. Google nanti akan mengarahkan kamu ke halaman bantuan untuk password untuk memverifikasinya lewat nomor ponsel.

Tapi jika password Gmail kamu ternyata sudah diganti oleh penyusup, termasuk email pemulihannya (recovery email) dan nomor ponsel kamu juga sudah diubah, maka satu-satunya cara untuk mendapatkan akun tersebut kembali adalah dengan memverifikasi identitas kamu lewat menu “Verify your identity”.

Kamu akan diminta untuk memverifikasi identitas dengan menjawab sejumlah pertanyaan terkait akun kamu. Usahakan jawab semua pertanyaan yang diberikan seakurat mungkin, karena jawaban itu nantinya yang akan menentukan apakah Google dapat mengembalikan akun kamu atau tidak.

Di antara pertanyaan yang akan ditanyakan adalah password terakhir kamu, kapan terakhir kali kamu login, kapan kamu membuat akun Gmail, dan seterusnya.

Jika jawaban kamu akurat dengan informasi yang terekam pada akun Google, barulah kamu menyetel ulang password dan membuat password yang baru. Jika tidak, Google akan langsung memberi tahu bahwa informasi yang kamu berikan tidak cocok.

Tips menjaga password:

1. Jangan pernah mengirimkan password via email. Perusahaan atau situs resmi tidak pernah meminta password kamu untuk dikirimkan via email.

2. Jangan mencatat password di kertas atau di tempat yang mudah dilihat orang. Ingat, password itu sangat rahasia, tidak boleh diberi tahu ke orang lain termasuk kepada keluarga atau teman dekat.

3. Gunakan password yang unik dan kuat, yang terdiri dari huruf kapital, angka dan simbol. Semakin panjang password semakin baik, karena akan semakin sulit ditebak.

4. Ganti password secara rutin.

5. Saat login menggunakan komputer publik, jangan pernah mencetang kotak bertuliskan “Tetap Masuk” yang terdapat di bawah tombol login.

6. Agar punya keamanan berberlapis, aktifkan fitur 2-Step Verification yang ada pada layanan email sehingga orang lain tidak bisa login ke akun kamu karena kode verifikasinya akan dikirim Google ke ponsel kamu.

7. Gunakan antivirus yang up-to-date, browser dan sistem operasi komputer kamu juga harus rutin di-update.