Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

The Fed tak Berkomitmen Menaikan Suku Bunga

outlook1-700x357

Rifan Financindo Berjangka — Stanley Fischer, wakil ketua Federal Reserve, mengatakan The Fed berharap, tapi tidak berkomitmen, menaikan suku bunga tahun ini.

“Namun itu harapan, bukan komitmen,” ujar Fischer di sela-sela pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) di Peru, seperti dikutip Reuters.

“Segala sesuatunya bisa berubah jika ekonomi global mendorong ekonomi AS lebih tertinggal jauh,” lanjutnya.

Menurut Fischer, ketidak-pastian yang cukup besar mengepung prospek ekonomi AS — terutama hambatan ekspor akibat pelambatan pertumbuhan global, investasi rendah akibat penurunan harga minyak dan penurunan mengecewakan pertumbuhan lapangan kerja AS.

Fischer yakin ekonomi AS masih akan menghasilkan cukup lapangan pekerja untuk melanjutkan kemauan sesuai target The Feds, yaitu maximum employmen, yang pada akhirnya inflasi akan naik.

Berdasarkan prediksi ini, bank sentral AS harus bisa menjaga perekonomian AS tetap di jalurnya dengan kenaikan suku bunga yang diperkirakan terjadi Oktober atau Desember.

Fischer juga memperingatkan AS kini lebih terbuka dari sebelumnya. Perkembangan di China dan di tempat lain, sudah mempengaruhi The Fed untuk menunda kenaikan suku bunga yang diharapkan September lalu.

“Kami memantau perkembangan yang mempengaruhi pemahaman kami tentang prospek ekonomi,” ujar Fischer.

Pertemuan IMF dihadiri beberapa bank sentral, yang mendorong The Fed untuk mengakhiri ketidak-pastian dan bergerak maju dengan menaikan suku bunga.

Fischer menjawab desakan ini dengan mengatakan; “Pelambatan ekonomi global terlalu serius untuk diabaikan dan tidak memungkinkan The Fed terlalu berkomitmen pada rencananya.”

Kendati ketidak-pastian The Fed mengacaukan pasar global, Fischer berkomitmen akan tetap mengkomunikasikan kecenderungannya sejelas mungkin.