Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Tembaga Mulai Rebound

Rifan FInancindo Berjangka Semarang-Harga tembaga tengah di kepung sentimen negatif pada awal tahun ini, setelah perlambatan ekonomi China dan Eropa, kini rencana kebijakan Indonesia terkait penambahan daftar mineral yang bisa di ekspor berpotensi menekan harga sepanjang semester I/2015.

Selain itu, harga tembaga dan komoditas logam industri lainnya juga tertekan oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi global dari World Bank yang diturunkan menjadi 3% dibandingkan dengan proyeksi tahun lalu sebesar 3,4%.

Perlambatan permintaan juga tampak dari proyeksi International Copper Study Group (ICSG) terkait penggunaan tembaga dimurnikan yang melambat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun ini diproyeksikan penggunaan tembaga yang telah dimurnikan hanya meningkat 1,1% menjadi 22,69 juta ton, sedangkan tahun lalu penggunaan tembaga dimurnikan itu diprediksi meningkat 5,2% menjadi 22,44 juta ton dibandingkan dengan 2013 sebesar 21,33 juta ton.
Namun, pada perdagangan kemarin tembaga bergerak rebound setelah sepanjang pekan ini terus jatuh ke level terendah dalam enam tahun terakhir.Chae Un Soo, trader logam industri Korea Exchange Bank Futures Co., mengatakan fundamental tembaga memang sedang buruk, tapi kejatuhan ke level terendah enam tahun terakhir itu terlalu cepat dan dalam.

Pada penutupan perdagangan kemarin, harga tembaga berjangka di New York Commodity Exchange (COMEX) naik 2,35% menjadi US$2,56 per pon, sedangkan tembaga tiga bulan London Metal Exchange (LME) jatuh 5,32% menjadi US$5.548 per metrik ton.