Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Tekanan Harga Karet Tocom Berhasil Diredam Rabu Pagi

rubber-tree-plantation1-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga karet alami berjangka terpantau mengalami peningkatan pada perdagangan Rabu pagi (2/6). Para investor kembali melanjutkan pembelian meskipun nilai tukar yen pada perdagangan hari ini terpantau menguat dengan cukup signifikan terhadap dollar AS. Pada sesi perdagangan Selasa kemarin harga komoditas ini ditutup negatif.

Sentimen positif masih menyambangi pasar karet berjangka Tocom karena diharapkan Tiongkok akan meningkatkan pembelian komoditas seiring dengan naiknya belanja infrastruktur di negara tersebut.

Isyu kenaikan belanja infrastruktur Tiongkok masih menjadi faktor utama yang menggerakkan harga karet di bursa Tocom. Permintaan dari Tiongkok, konsumen karet terbesar dunia, berpotensi melonjak setelah Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok mengumumkan rencana belanja infrastruktur hampir 2 triliun yuan.

Hari ini nilai tukar yen sendiri sedang mengalami rebound setelah kemarin capai posisi paling rendah dalam? 8 tahun belakangan atau sejak tahun 2007. Meskipun rebound cukup tajam tetapi nilai tukar yen masih berada di kisaran 124 per dollar. Nilai tukar yang lebih rendah membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaannya meningkat.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak November hari ini tampak dibuka pada posisi 240,9 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pembukaan naik dengan cukup signifikan yaitu sebesar 0,4 yen atau setara dengan 0,17 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 240,4 yen per kilogram. Saat ini harga karet terpantau sudah bergerak makin menguat dan mencapai level 243,6 yen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk melanjutkan kenaikan dengan cukup signifikan. Meskipun demikian para investor sebaiknya berhati-hati di tengah kenaikan yen.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 244,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 247,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 237,00 ?yen dan 234,00 yen.