Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Tekad OJK: Tumbuhkan Lembaga Keuangan Mikro Demi Rakyat Kecil

Rifan Financindo Berjangka – Tahun ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mulai mengawasi kegiatan Lembaga Keuangan Mikro (LKM), dan mewajibkan seluruh LKM mengajukan izin usaha paling lambat Januari 2016.

Saat ini, OJK tengah melakukan seleksi terhadap LKM yang bakal mendapatkan izin usaha.

Pemberian pelatihan kepada dinas-dinas di 75% wilayah Indonesia hampir selesai. Kemungkinan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur memiliki calon LKM untuk maju mendapat izin usaha.

Demikian dikatakan Deputi Komisioner Bidang Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Dumoly Pardede kepada?detikFinance, Selasa (14/4/2015).

Dumoly menjelaskan, hingga kini, inventarisasi calon-calon yang akan mendapat izin masih berlangsung. Proses persiapan administrasi dan infrastruktur perizinan dan pengawasan tetap berjalan di OJK khususnya di OJK regional.

“OJK berterima kasih ke Kemendagri dan para gubernur yang sangat antusias mendukung,” ucap dia.

Ke depan, Dumoly berharap, minat masyarakat untuk mengajukan izin muncul dan meningkat. “Kami mau menumbuhkan LKM di masyarakat pedesaan sebagai lembaga yang mendukung ekonomi rakyat kecil dan menengah,” kata dia.

Selain itu, OJK juga sudah menuntaskan survei dan sosialisasi pembiayaan inklusif dari perusahaan pembiayaan ke industri maritim (penangkapan, pengolahan, dan pemasaran) dengan dukungan asuransi dan penjaminan kredit.

Lebih kurang 10 pusat nelayan telah mendapatkan penjelasaan dari OJK untuk memanfaatkan pembiayaan maritim dari perusahaan pembiayaan.

“Saat ini digalakkan kerjasama koperasi dan industri keuangan nonbank agar masing masing lembaga tersebut saling mendukung,” pungkasnya.