Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Tatsumi Kimishima: Bapak Pokemon, Bos Baru Nintendo

080125_identafteriwatasdeath

Rifan Financindo Berjangka – Nintendo akhirnya menemukan nakhoda baru perusahaan untuk menggantikan Satoru Iwata. Raksasa game elektronik asal Jepang itu kini dipimpin oleh Tatsumi Kimishima, sang ‘bapak Pokemon’.

Sejak ditinggal pergi Satoru Iwata yang meninggal akibat kanker saluran empedu pada 13 Juli 2015 lalu, kursi kepemimpinan di Nintendo sempat kosong dua bulan. Kepergian Satoru menyisakan luka yang mendalam, baik bagi Nintendo maupun penggemarnya.

Meski begitu, produsen game raksasa Jepang tak ingin terlalu larut dalam kesedihan dan ingin segera bangkit. Agar bisa bertempur kembali di industri game yang syarat akan persaingan, mereka pun sepakat untuk mengangkat Tatsumi Kimishima.

Lahir pada 21 April 1955 lalu, Kimishima memang bukan sosok yang asing lagi bagi Nintendo. Pasalnya, ia sempat menjabat sebagai Chief Financial Officer di anak perusahaan Nintendo, Pokemon Company pada tahun 2000.

Posisinya sebagai Chief Financial Officer di Pokemon Company tak bertahan lama. Selama satu tahun ia menjabat, Kimishima pun ditunjuk untuk mengisi jabatan sebagai President pertama Pokemon USA.

Selama masa kerjanya, Pokemon USA melakukan perubahan yang cukup signifikan, di mana perusahaan tersebut memutuskan untuk melangkahkan kaki ke pasar game.

Sebagai bukti, di tanggal 15 Oktober 2000, ia pun merilis Pokemon Gold and Silver untuk platform Game Boy Color. Tak lama setelah itu, tepatnya pada tanggal 29 Juli 2001, Pokemon Cyrstal pun dirilis untuk perangkat yang sama.

Bak belalang yang selalu hinggap di sana-sini, lagi-lagi Kimishima hengkang dari Pokemon USA setelah bertahan hanya satu tahun. Di tahun 2002, Kishima menjabat sebagai President of Nintendo of America. Kali ini, posisi yang ia jabat bertahan lebih lama dibanding yang sebelumnya.

Jabatannya sebagai President of Nintendo of America ia pertahankan hingga tahun 2006, sebelum akhirnya diambil alih oleh Reggie Fils-Aime. Di samping menjabat sebagai President of Nintendo of America, Kishima pun juga ditunjuk untuk mengisi posisi Director of Nintendo.

Sejak tahun 2006, ayah dari dua anak perempuannya ini menduduki peran sebagai CEO dan Chairman of the Board of Nintendo of America hingga Juni 2013 kemarin ia tanggalkan. Karenanya, Kimishima pun kembali ke Jepang dan mengambil alih Managing Director of Nintendo.

Maka dari itu, karena kepiawaian serta jam terbangnya yang tinggi sebagai seorang pemimpin, Nintendo pun akhirnya mempercayakan poisis yang dulu diisi oleh Iwata kepada Kimishima.

Mengacu dari keterangan resmi Nintendo, tujuan penunjukan Kimishima tak lain adalah untuk memperkuat dan meningkatkan struktur manajemen perusahaan pasca kepergian Iwata.

Karne penunjukkan tersebut baru dilakukan, belum ada pernyataan Kimishima terkait visi dan misi yang bakal ia usung ke depan. Sementara sebagaimana yang diketahui, terkait konsol terbarunya, yakni NX, Nintendo pernah mengatakan tak akan membeberkannya hingga tahun 2016.