Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Takut Investasi? Ini 4 Cara Biar Berani

Ilustrasi+Investasi

Rifan Financindo Berjangka – Banyaknya produk investasi kadang membuat Anda pusing tujung keliling untuk memilihnya. Di sisi lain Anda juga harus meminimalisir risiko hilangnya uang hasil jerih payah Anda bekerja karena salah berinvestasi. Hal tersebut tentu saja membuat Anda merasa investasi sebagai sebuah sosok yang menakutkan, terutama jika Anda baru memulai investasi.

Tapi, ini bukan alasan untuk tidak berinvestasi. Lebih menakutkan jika memasuki usia pensiun tanpa bekal yang cukup.

Inflasi adalah salah satu alasan pentingnya berinvestasi dalam jangka panjang. Investasi berpotensi mengamankan aset Anda dan masa depan Anda, terutama saat memasuki masa pensiun. Berikut adalah beberapa cara supaya anda berani berinvestasi ?dikutip dari?gobangkingrates, Selasa (8/9/2015):

Diversifikasi

Diversifikasi adalah strategi dasar dari sebuah portofolio yang kuat. Diversifikasi berarti menyebar investasi Anda pada beberapa jenis aset. Jika salah satu aset berkinerja buruk, maka akan di imbangi dengan kinerja tinggi dari aset lainnya.

Misalnya, jika saham yang Anda punya jatuh. Kerugian akan bisa dikurangi dengan aset lain seperti obligasi, properti, logam mulia dan sebagainya. Jika diatur dengan benar, diversifikasi tidak hanya melindungi modal Anda di saat pasar sedang lesu, tetapi juga dapat memberikan imbal hasil yang besar.

Pilih yang Anda pahami

Ada banyak jenis investasi di luar sana, dari yang sederhana hingga yang rumit. jika Anda paham betul mengenai investasi properti, namun kurang memahami investasi saham. Maka pilihlah yang lebih Anda pahami. Pelajari segala jenis produk investasi, sebelum Anda merisikokan Uang Anda.

Tabungan

Teruslah menabung walau Anda telah berinvestasi. Semakin besar saldo tabungan, semakin besar pula keuntungan yang Anda dapat dari bunga. Tabungan adalah penopang jika ada risiko atau biaya tak terduga, seperti masalah kesehatan atau bencana alam, tanpa perlu mengusik aset investasi Anda.

Pelajari dasar-dasar investasi

Rasa takut yang muncul biasanya karena faktor tidak tahu. Dengan memperlajari dasar-dasar investasi, Anda akan merasa lebih percaya diri, dan memahami apa yang terjadi dengan investasi Anda. Anda juga akan lebih siap dalam membuat keputusan, dan lebih tenang ketika pasar berfluktuasi. (Ilh/Gdn)