Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Stres Cari Kerja? Atasi Dengan 5 Hal Ini

pekerjaan

Rifan Financindo Berjangka – Apakah Anda sedang mencari pekerjaan dan merasa tertekan karena sulit menemukannya? Tenang saja, Anda tidak sendiri, dan masih banyak orang lain yang merasakan tekanan di luar sana mengingat persaingan kerja saat ini sangat ketat.

Rasa takut, frustasi dan ketegangan yang muncul merupakan salah satu efek samping dari berbagai upaya yang Anda kerahkan ketika mencari pekerjaan. Tak selamanya sulit, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa stres tersebut.

Beberapa teknik telah terbukti dapat mengatasi stres yang muncul di tengah proses tersebut. Berikut lima cara atasi stres saat mencari pekerjaan seperti dilansir dari Career Realism, Jumat (15/5/2015):

1. Rencana

Buat rencana kerja jangka panjang untuk pencarian kerja yang tengah Anda lakukan. Dalam rencana itu, tuliskan berapa perusahaan yang akan Anda kirimkan surat lamaran, kontrak kerja apa yang Anda inginkan, dan berapa kali wawancara yang harus dilewati.

Rencana pencarian kerja itu juga termasuk melakukan sejumlah riset terhadap apa yang menjadi kebutuhan perusahaan dan melakukan penyesuaian kemampuan agar bisa diterima bekerja.

2. Konsisten

Pastikan Anda mencari kerja secara konsisten. Jangan mulai pencarian pekerjaan secara antusias dengan mengirimkan terlalu banyak resume tapi lantas melambat lantaran rendahnya respon yang diberikan.

Tetap konsisten dengan upaya Anda untuk membangun kontak, mencoba berbagai peluang dan menunjukkan yang terbaik saat wawancara.

3. Realistis

Anda harus realistis bahwa mencari pekerjaan di era sekarang sangat sulit. Meski begitu, tetap percaya diri dan persiapkan diri Anda menjadi kandidat yang siap menghadapi tantangan karir di masa depan.

4. Berpikir positif

Anda mungkin telah mendengar saran ini ribuan kali. Tapi lihatlah berbagai upaya yang Anda lakukan dari sudut pandang yang lebih positif.

Dibandingkan mengkritik diri sendiri lebih baik Anda memotivasi diri dengan berbagai masukan yang lebih positif. Berpikir positif juga dapat menjadi cara ampuh untuk mengurangi stres. Anda juga bisa melakukan hobi yang paling disukai untuk memicu pikiran dan tindakan positif.

5. Berkumpul dengan teman dan keluarga

Dukungan dari teman dan keluarga di tengah tekanan saat mencari kerja dapat menjadi sumber ketenangan tersendiri. Di tengah proses pencarian kerja tersebut, sebaiknya Anda sering berkomunikasi dengan teman dan kerabat yang peduli pada Anda.

Berkumpulah dengan orang-orang tulus yang percaya Anda dapat melakukan hal terbaik saat mencari kerja. (Sis/Gdn)