Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Smartphone Android tiba-tiba mati? Cek 7 hal ini sebelum terlambat!

apakah-charger-anda-sehat

Rifan Financindo Berjangka –?Smartphone Android tiba-tiba lemot mungkin sudah biasa, namun bagaimana bila smartphone langsung mati? Tentu hal itu bisa langsung membuat kita ‘deg-degan’. Sebab, tentu ada hal yang salah dengan smartphone tersebut.

Jangan terburu-buru panik dulu saat smartphone Android mendadak mati, sebab ada langkah cepat yang biasa diambil untuk mengecek kondisinya. Dengan begitu Anda bisa melakukan penangan yang tepat dengan cepat.

1. Apakah hanya layar yang mati?

Kasus yang cukup sering terjadi adalah kerusakan layar, sehingga smartphone terkesan mati mendadak.

Untuk mengecekl apakah hanya layar smartphone yang mengalami kerusakan, Anda bisa melihat apakah lampu backlight dari tombol smartphone Anda menyala atau tidak.

Bila smartphone Anda tidak mempunyai tombol seperti itu, Anda bisa mencoba cara kedua, yakni dengan mematikannya. Tahan tombol on/off lama untuk mematikan smartphone, lalu selang beberapa saat kembali tekan tombol on/off untuk menghidupkannya.

Apabila saat Anda merasakan getaran tanda booting awal smartphone layar masih tetap mati, mungkin sudah saatnya mengganti layar.

2. Apakah smartphone jatuh dalam air?

Setelah smartphone terjatuh dalam air, hampir pasti smartphone akan langsung mati. Hal ini sering diperparah dengan ketidaktahuan pengguna yang langsung menghidupkan smartphone.

Padahal ini justru menimbulkan konsleting dan dapat membuat smartphone rusak untuk selamanya. Jadi, saat smartphone mati setelah terkena air, segera copot semua bagian smartphone dan keringkan. Bila perlu tunggu selama beberapa hari sebelum menghidupkannya kembali.

3. Apakah sebelumnya smartphone lemot?

Apabila sebelum mati mendadak, smartphone Android Anda terasa lemot, yang terjadi mungkin adalah kerusakan software atau sistem operasi Android Anda. Hal ini biasa terjadi pada smartphone yang di’oprek’ atau root.

Ciri-cirinya, aplikasi yang dibuka banyak yang crash atau tertutup tiba-tiba. Lalu, smartphone akan sering mati secara tidak jelas.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya pindah dulu data-data penting dari smartphone kemudian lakukan restart atau flashing. Disarankan untuk melakukan factory reset agar smartphone kembali seperti semula.

4. Apakah hanya logo Android hijau yang terlihat?

Saat smartphone dihidupkan namun yang terlihat hanya logo robot Android hijau, maka smartphone Anda mengalami ‘bootloop’. Hal ini biasa terjadi setelah update OS Android baru atau ganti ROM.

Sekali lagi, jawaban atas masalah ini adalah ‘Factory Reset’. Namun, bagi Anda yang sudah sering melakukan root, mungkin yang Anda butuhkan hanya flashing, recovery, atau wiping data.

5. Apakah baterai bocor?

Smartphone bisa jadi sering mati mendadak saat baterai rusak parah, terlebih saat baterai itu bocor. Oleh karena itu, saat smartphone mulai sering mati, segera cek kondisi baterai.

Bila terdapat tanda-tanda kebocoran seperti munculnya cairan atau bekas karat, segera ganti dan bersihkan smartphone. Jika hal ini tidak segera dilakukan, boleh jadi cairan baterai akan masuk ke bagian dalam smartphone dan membuatnya rusak total.

6. Apakah smartphone sudah dicharge?

Mungkin ini adalah hal sepele, namun banyak pengguna yang tidak sadar bila smartphone mereka mati karena kehabisan daya.

Ingat, smartphone Android yang benar-benar habis dayanya sering membutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa hidup kembali meskipun sudah dicharge.

7. Apakah charger Anda ‘sehat’?

Bila smartphone sudah dicharge namun tetap mati, mungkin masalah tidak terdapat di smartphone, melainkan di charger.

Coba ganti charger atau bersihkan lubang charger setiap kali akan mengisi daya. Nah, untuk mengetes apakah charger yang rusak, Anda bisa menghubungkan smartphone dengan komputer. Jika smartphone bisa terisi, mungkin charger Anda bermasalah.