Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Siang Ini, Euro Tertekan

euro271Rifan Financindo Berjangka -?euro terpantau alami pelemahan terhadap dollar AS pasca dirilisnya pidato dari Gubenur Bank Sentral Australia siang ini. Di sisi lain, perhatian pasar tengah berfokus kepada laporan fundamental ekonomi Swiss dan pertumbuhan domestik bruto Jerman pukul 13.00 waktu Jakarta.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, EURUSD terpantau melemah 0.05% dengan berdiri pada level 1.1215 dimana pasangan tersebut telah bergerak menyentuh level low di 1.1203 dan level high di 1.1221. Pada index euro, yang mana memperlihatkan performa mata uang tunggal Uni Eropa terpantau alami penurunan 0.04% di level 88.89.

Euro kembali didera oleh tekanan untuk melemah terhadap dollar AS ketika permintaan greenback kembali meningkat akibat sikap optimis The Fed dalam menaikan tingkat suku bunga mereka. Sedangkan hasil pidato dari Bank Sentral Australia terlihat membantu membatasi pelemahan yang dialami oleh euro saat ini.

Gubernur Bank Sentral Australia Glenn Stevens menyebutkan dirinya memfokuskan untuk menyusun kembali kerangka kebijakan moneter dalam mendorong pertumbuhan inflasi domestik. Dirinya beranggapan bahwa dalam beberapa tahun kedepan pemerintah harus bekerja penuh dalam memperbaiki pertumbuhan fiskal. Kenyataanya pertumbuhan inflasi saat ini sangat rendah, secara teknikal hasil pertumbuhan masih di bawah target bank sentral.

Sementara itu, laporan neraca perdagangan Swiss dan hasil pertumbuhan domestik bruto Jerman telah menjadi fokus pasar siang ini. Meski demikian, data fundamental tersebut dinilai memiliki low impact terhadap pasar forex maupun commodity global.