Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Rupiah Bergerak Nyaris Flat, Mulai Konsolidasi dari Fase Penurunan

Pada perdagangan hari ini mata uang rupiah terpantau masih bergerak nyaris stagnan terhadap dollar AS (18/7). Rupiah terjebak dalam pola konsolidasi setelah sempat mengalami fase penurunan yang cukup panjang sejak akhir pekan lalu.

Mata uang lokal ini sempat terjerumus melemah paska pilpres tanggal 9 Juli lalu yang berjalan cukup lancar. Kali ini para pelaku pasar mulai fokus kepada pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum yang akan dilakukan pada tanggal 22 Juli mendatang. Saat ini ketidakpastian mengenai siapa pemenang pilpres masih menjadi faktor yang membuat para investor enggan untuk membeli asset dalam mata uang rupiah.

Rupiah terpantau diperdagangkan pada posisi 11687 per dollar AS. Mata uang ini mengalami penurunan tipis sebesar 1 poin saja dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin. Untuk perdagangan hari ini mata uang rupiah telah mengalami pergerakan pada kisaran 11685 ? 11718 per dollar AS.

Tampak bahwa rupiah masih memiliki kecenderungan untuk melemah. Pergerakan mata uang rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung tertahan di teritori negatif. Tekanan jual tampak masih kuat terkait kondisi geopolitik global yang memanas. Mata uang ini kemungkinan akan mengalami pergerakan pada kisaran 11650 ? 11720 per dollar.