Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Rupiah Anjlok Tajam Kembali ke 4.5 Bulan Terendah

rupiah12-700x357

Mata uang rupiah kembali mengalami penurunan tajam terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini (25/6). Rupiah tergerus turun terus dan kembali mencapai posisi paling rendah dalam 4.5 bulan belakangan.

Melemahnya rupiah disinyalir akibat dari persaingan kandidat capres-cawapres yang semakin ketat. Menteri Keuangan M Chatib Basri mengemukakan bahwa persaingan ketat kedua kandidat ini menjadi perhatian beberapa bond holders besar terkait dengan masalah keamanan. Kemungkinan adanya gugatan ke MK setelah hasil pemilihan diumumkan berpotensi menimbulkan friksi yang belum terukur dampaknya.

Faktor lain tertekannya rupiah juga dipicu dari harga minyak dunia yang melambung akibat geopolitik di Irak. Hal itu merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi nilai tukar rupiah.

Hari ini rupiah mengalami penurunan tajam hingga mencapai posisi 12048 per dollar AS. Rupiah mengalami penurunan sebesar 59 poin atau setara dengan 0.5 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin. Posisi mata uang lokal ini adalah yang paling rendah sejak bulan Februari yang lalu.

Pergerakan mata uang rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan mengalami pergerakan yang cenderung masih bertahan dalam pola melemah. Diperkirakan mata uang lokal tersebut akan mengalami pergerakan pada kisaran 12000 ? 12150 per dollar AS.