Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Rifan Financindo ; Tips Mengelola Restoran yang Sukses

Rifan Financindo-?Banyak orang memiliki anggapan yang keliru saat memulai bisnis restoran; mereka menganggap bahwa restoran merupakan bisnis yang pasti akan mendapat pelanggan karena komoditasnya adalah makanan, sesuatu yang orang butuhkan setiap hari. Akan tetapi, bila memang demikian, mengapa ada begitu banyak tips bisnis yang khusus dibuat untuk pengelola restoran? Dan mengapa banyak restoran yang tutup setelah hanya beroperasi selama beberapa tahun atau bahkan bulan? Bisnis restoran bukanlah semudah yang Anda kira, dan Anda harus memahami seluk-beluknya.

Apakah Selera Lokal Sesuai?

Salah satu hal yang sering tidak dipikirkan mereka yang membuka restoran, namun sangat dianjurkan dalam berbagai tips bisnis restoran, adalah kegagalan membaca selera lokal. Hal ini membuat banyak orang merasa kurang cocok saat makan di restoran tersebut sehingga pengunjungnya menjadi kurang banyak dan akhirnya berkurang sama sekali. Sebagai contoh, di kota kecil dimana jenis restoran yang paling laku adalah restoran ikan bakar atau sate dan gulai, restoran Jepang yang mengusung rasa asli negeri tersebut (yang cenderung tak terlalu banyak bumbu) mungkin kurang sesuai.

Seorang pengelola restoran yang baik harus bisa membaca selera lokal di lokasi dimana ia akan membuka restorannya. Kebanyakan pelanggan suatu restoran biasanya suka dengan restoran yang menawarkan sesuatu yang bagi mereka terasa familiar dan bisa membuat mereka santai. Restoran yang konsepnya terlalu asing atau aneh bisa jadi akan membuat pelanggan ragu untuk makan. Kalaupun ada restoran dengan konsep unik yang sukses, biasanya itu adalah hasil dari penelitian atau riset pasar yang cukup lama.

Tirulah Ilmu dari Pemilik Restoran Lain

Bagi pengusaha restoran yang baru ingin menjajaki peluang bisnis atau belum punya pengalaman membuka restoran sama sekali bisa ?meniru? rahasia kesuksesan restoran setempat yang sudah sukses. Tips bisnis ini bukan berarti mengajak memplagiat ide, melainkan memelajari rahasia kesuksesan bisnis restoran tersebut. Caranya bisa dengan memelajari kisah sukses para pemilik restoran terkenal, terutama yang model restorannya sama dengan yang hendak Anda buka.

Anda bisa juga mengunjungi beberapa restoran setempat di wilayah Anda yang terbilang sukses atau bahkan sampai bisa membuka cabang, lalu makan di tempat itu sambil memelajari berbagai hal; mulai dari pemilihan menu, pengelolaan dan desain tempat, hingga cara interaksi staf dan karyawan dengan pelanggan. Anda bahkan bisa sedikit banyak menjadi ?detektif,? mengobrol sambil lalu dengan pelanggan untuk mengetahui apa yang membuat restoran tersebut digemari.

Pemilik modal yang lebih besar sebaiknya melakukan riset pasar khusus, namun jika Anda tak sanggup melakukannya, penelitian langsung ke lapangan seperti di atas seharusnya cukup asal dilakukan dengan telaten dan serius.

Konsisten dengan Menu dan Rasa

Tips bisnis berikutnya adalah memperhatikan konsistensi ide. Ketika restoran Anda sudah mulai buka dan mendapat pengunjung, pekerjaan Anda belum berakhir. Anda harus bisa mempertahankan pelanggan yang sudah datang agar mau datang kembali. Caranya adalah dengan meyakinkan bahwa menu makanan yang dihidangkan memang memuaskan, lalu jika memang enak, pastikan agar pelanggan mau datang kembali. Mengetahui enak tidaknya masakan bisa dilakukan dengan mengamati reaksi pelanggan yang sedang makan, menyebar angket serta melihat jumlah rata-rata pengunjung selama beberapa periode.

Jika menu Anda ternyata enak, tugas paling berat adalah menjaga agar menu tersebut rasanya tak berubah. Anda bisa melakukannya dengan melatih setiap juru masak metode memasak yang standar untuk menghasilkan rasa menu yang khas restoran Anda. Modal yang dikeluarkan untuk training adalah kunci membuat restoran sukses.