Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Rekrut 10 Juta Agen Asuransi, OJK Sasar Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga

1558232Logo-OJK780x390
Rifan Financindo Berjangka – Demi meningkatkan penetrasi pasar asuransi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan rekrut 10 juta agen asuransi.

Selain agen asuransi jiwa, OJK juga akan menjaring 10.000 Sahabat Keuangan Maritim untuk memperluas layanan asuransi mikro khususnya untuk industri kelautan.

Target 10 juta agen ini diharapkan mampu memompa penetrasi pasar asuransi. Ditambah, akses transaksi produk asuransi khususnya produk asuransi mikro dan syariah kian luas.

“Saat ini, perusahaan asuransi dan pembiayaan belum memanfaatkan peranan agen dan cenderung bertumpu pada layanan kantor cabang dan pemasaran. Sehingga masyarakat belum sepenuhnya mengakses lembaga keuangan,” ujar Muliaman Hadad, Ketua Dewan Komisioner OJK dalam keterangan tertulis yang diterima hari ini, Rabu (21/10/2015).

Nantinya, pola perekrutan agen asuransi dilakukan dengan pendidikan dan pelatihan akan distandardisasi bersama Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Yang menarik, OJK menyasar generasi muda, khususnya mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja paruh waktu ataupun kalangan wiraswasta menjadi agen.

Calon agen ini akan dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut. Sementara rekrutmen dan pemberdayaan Sahabat Keuangan Maritim atau agen lembaga pembiayaan akan dititikberatkan pada para penyuluh keuangan yang dekat dengan nelayan.Maksudnya, agar pelaku industri kelautan dan perikanan lebih mudah untuk menjangkau layanan keuangan.

OJK saat ini telah mendidik sekitar 300 orang Sahabat Keuangan Maritim di beberapa kota bekerjasama dengan sejumlah perusahaan pembiayaan, asuransi dan penjamin kredit.

OJK menargetkan mulai September 2015 sampai September 2016 akan lahir 10.000 Sahabat Keuangan Maritim.

Sebagaimana diketahui, tahun ini komitmen konsorsium perusahaan pembiayaan untuk membiayai sektor kelautan mencapai sebesar Rp 1 triliun.

Hingga September realisasi pembiayaan telah mencapai Rp 238 miliar. Oktober ini diperkirakan kan ada sekitar sedangkan Rp 152 miliar siap direalisasikan. (Mona Tobing)