Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Rebound Teknikal Harga Gula Didorong Pelemahan Dollar AS

sugar-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga gula berjangka ditutup dengan membukukan kenaikan tipis pada penutupan perdagangan bursa ICE Futures New York dini hari tadi (2/9). Harga komoditas ini mengalami rebound teknikal setelah terpukul melemah 2 sesi berturut-turut pada sesi perdagangan sebelumnya.

Kenaikan harga gula berjangka terjadi akibat kondisi harga komoditas yang sudah mengalami penurunan tajam. Peningkatan tersebut didukung oleh pelemahan nilai tukar dollar pada perdagangan malam tadi.

Secara teknikal harga komoditas gula berjangka sudah menunjukkan kondisi yang sangat jenuh jual sehingga memicu terjadinya aksi bargain hunting. Sejak pertengahan bulan Juli lalu harga komoditas ini terus mengalami penurunan tajam dan Senin tanggal 24 Agustus pekan lalu sempat mencapai level terendah dalam 7 tahun lebih atau sejak bulan Juni 2008.

Pada penutupan perdagangan Senin dini hari harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Oktober alami penguatan tipis. Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup naik sebesar 0,02 sen atau setara dengan 0,19 persen pada posisi 10,71 sen per pon.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula kasar berjangka di New York? pada perdagangan selanjutnya masih akan dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak mentah dan dollar AS. Secara teknikal pergerakan harga komoditas ini masih berpotensi untuk mengalami peningkatan untuk jangka pendek. Sedangkan untuk jangka menengah dan panjang masih berada dalam pola yang bearish.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level support pada posisi 10,33 ?sen dan 10,00 sen. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi 11,15 ?sen dan 11,50 sen.