Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

RABU SIANG, RUPIAH MELEMAH KE POSISI RP 12.019 / USD

rupiah20

Laju nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi hingga siang bergerak melemah sebesar 30 poin ke posisi Rp 12.019 dibandingkan sebelumnya di level Rp 11.989 per dolar AS.? Kurs rupiah menyentuh level Rp 12.000 dolar AS, padahal laju dolar AS cenderung melemah di pasar regional menyusul perkiraan bahwa the Fed tetap mempertahankan suku bunga acuannya di level rendah.

Pengaruh neraca perdagangan Indonesia yang masih defisit, ditambah kenaikan harga minyak dunia akibat kisruh yang terjadi di Irak masih menjadi sentimen negatif bagi mata uang rupiah.? Karena masih adanya kekhawatiran tersebut maka rupiah kembali tertekan.

Sentimen pasar uang dalam negeri saat ini belum ada yang mendukung penguatan mata uang rupiah baik dari eksternal maupun domestik.? Kondisi perekonomian global yang belum stabil seiring dengan adanya kisruh geopolitik di Irak dan Ukraina yang masih berlangsung akan mendorong permintaan mata uang ?safe haven? mengalami peningkatan.

Sentimen dari dalam negeri, ?data-data ekonomi Indonesia yang sedianya akan dirilis pada pekan depan sentimennya masih mendatar.? Inflasi masih diekspektasikan tinggi menyusul tahun panen raya nasional yang mulai berkurang dan menjelang bulan puasa dan Hari Raya Lebaran.