Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Pertamina Bakal Punya SPBU Modern Seperti di Jepang

ilustrasi-pertamina-140729-4-andri

Rifan Financindo Berjangka – PT Pertamina Retail yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modern layaknya SPBU di Jepang.

Direktur Utama PT Pertamina Retail, Toharso mengungkapkan, SPBU ini dikatakan modern karena pompa bensin diletakkan di bagian atas, tidak lagi dibawah.

“SPBU ke depan dimungkinkan pompa bensinnya di atas, jadi tidak lagi di bawah. Dispensernya juga di atas,” kata Toharso saat berbincang dengan wartawan, Senin (13/4/2015).

Toharso mengatakan, negara yang sudah menggunakan model SPBU ini adalah Jepang. Nantinya Pertamina Retail juga akan mengimpor teknologi SPBU dari Jepang.

Sebagai gambaran, Toharso menjelaskan, jika kendaraan bermotor bakal mengisi BBM, nantinya nozle dispenser bermodel ditarik dari sisi atas ke bawah. Hanya saja, dispenser dan pompa untuk SPBU ini memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pompa bensin? SPBU konvensional sekarang ini.

Toharso menambahkan, perusahaan akan menghemat biaya dengan pembangunan SPBU yang dinamakan SPBU Over Head. Pembangunan SPBU modern ini tidak banyak memerlukan luas lahan sehingga dapat menekan biaya.

“Selama ini yang paling besar dalam biaya bangun SPBU itu di harga tanah, lebih mahal tanah dibandingkan buat tanki, dispenser dan kanopinya,” kata dia.

Tidak hanya itu, dalam segi kapasitas kendaraan, SPBU modern ini Toharso menuturkan memiliki kapasitas lebih besar dibanding SPBU konvensional seperti saat ini. Jika saat ini setiap SPBU hanya berkapasitas 6 mobil, maka di SPBU over head ini bisa menampung 10 hiingga 12 mobil.

Sebagai percontohan, Pertamina Retail akan membangun SPBU ini di daerah Pasteur, Bandung, Jawa Barat pada 2015. Mengenai biaya investasi, Perusahaan telah menganggarkan setidaknya Rp 250 miliar, yang salah satunya akan digunakan untuk pembangunan SPBU modern tersebut.