Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Perhatikan Hal ini Sebelum Beli Gadget Secara Online

079150700_1443609460-work_stress_burnout

Rifan Financindo Berjangka – Jalur online seringkali digunakan oleh konsumen dalam membeli barang, tak terkecuali dengan pembelin gadget atau gawai. Hal ini karena seiring pertumbuhan ponsel pintar dan industri e-Commerce di Indonesia.

Namun, tak sedikit konsumen yang khawatir bila membeli barang di toko online, karena hasilnya tak memuaskan atau tidak sesuai harapan.
“Belanja online memang sangat menyenangkan. Klik sana, klik sini, lalu semuanya selesai. Hanya tinggal menunggu barang datang setelah dibayar. Namun banyak juga yang harus diperhatikan,” ujar Vice President Marketing Elevenia, Madeleine Ong De Guzman, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 8 November 2015.
Madeleine mengatakan butuh sedikit tips dan trik khusus untuk membeli gawai melalui dunia maya. Pasalnya, harga bukan menjadi masalah lagi, namun kepercayaan yang perlu diperhatikan saat belanja di marketplace.
Untuk itu, Madeleine memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli gadget secara online.
1. Pilih sesuai kebutuhan
Ini merupakan hal yang paling mendasar. Jika Anda membutuhkan gadget dengan penyimpanan yang besar, ada baiknya pilih gadget yang bisa menggunakan memory card.
Hal ini pastinya akan mempermudah. Jika Anda lebih menyukai percakapan menggunakan Blackberry Messenger, pilihlah produk Blackberry terbaru atau produk Android, yang langsung menyediakan fitur Blackberry Messenger di dalamnya.
“Tahu apa yang Anda butuhkan. Itu hal mutlak yang harus ada sebelum membeli gadget,” ujar Madeleine.
2. Testimoni adalah segalanya
Berbelanja di marketplace artinya Anda akan menemukan banyak toko dan penjual dengan beragam produk di dalamnya. Salah satu ukuran paling penting dalam memilih toko untuk berbelanja adalah dengan melihat testimoni dari para pembeli sebelumnya di toko tersebut.
“Jika sembilan dari 10 testimoni berisi hal yang positif mengenai toko tersebut, maka Anda bisa berbelanja gadget di toko tersebut. Namun jika sebaliknya, Anda pasti tahu apa yang harus dilakukan,? ungkap Madeleine mengenai pemilihan toko.
3. Pilihan versus harga
“Selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah pilihan, ” ujar Madeleine.
Bukan hanya masalah harga rupiah saja, namun juga mengenai layanan yang diberikan oleh marketplace tersebut. Lebih detil lagi Madeleine menambahkan bahwa, berbicara harga gadget, bisa jadi antara toko yang satu, bahkan marketplace yang satu dan yang lainnya, tidak jauh berbeda.
Namun, yang harus diperhatikan lagi adalah mengenai layanan after sales?-nya. “Termasuk perhatikan masalah asuransi pada gadget dan garansi dari toko tersebut yang harus memiliki garansi resmi tersebut,” tambah Madeleine.
4. Bonus
Kecil tapi penting. Begitu kiranya bonus ini berperan dalam membeli barang secara online. Bisa jadi berupa potongan harga, cicilan nol persen, ataupun berupa program promo dalam membeli gadget.
(ren)