Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Perdagangan Emas Kemarin

gold-flickr-2-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas mencatat kenaikan yang bagus di awal trading sesi AS hari Rabu kemarin dan telah menembus diatas $1,100.00 dengan permintaan safe-haven yang baru. Keengganan untuk menghadapi resiko dengan cepat kembali menguasai pasar dunia, pada saat pasar saham dunia mengalami tekanan jual yang kuat pada hari kemarin.

Dow Jones Industrial Average telah turun lebih dari 400 points pada hari kemarin.

Emas Comex bulan Februari terakhir naik $11.50 di $1,100.70 per ons. Perak Comex bulan Maret terakhir naik $0.0014 di $14.135 per ons.

Pasar saham Eropa dan Asia turun dengan solid dan indeks saham AS juga mengalami penurunan yang tajam. Penyebabnya adalah masih berlanjutnya kejatuhan harga minyak mentah yang menghantui pasar komoditas dan keuangan dunia. Minyak berjangka Nymex jatuh ke terendah selama 12 tahun dibawah $28.00 per barrel semalam. Kekuatiran akan berkurangnya permintaan dari Cina, negara dengan ekonomi kedua terbesar dunia, juga membebani pasar saham di seluruh dunia. Juga ada kekuatiran bahwa pelarian modal besar-besaran terjadi di Cina yang akan memukul lebih lanjut ekonomi Cina.

Hal kunci yang lain diluar dari pasar adalah indeks dolar AS yang hanya sedikit lebih tinggi di awal trading sesi AS kemarin.

Pertemuan kebijakan moneter regular dari ECB akan berlangsung pada hari Kamis ini. Dengan performance pasar keuangan dan saham baru-baru ini, banyak orang yang bertanya apakah ECB akan mengumumkan langkah stimulus dari kebijakan moneternya pada hari Kamis ini, atau paling tidak menyarankan lebih banyak stimulus.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research ?Center