Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Penyakit Menular Ketika Berciuman | PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

RIFANFINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang,?Aktivitas mengasyikkan yang satu ini, ternyata tidak sepenuhnya asyik. Pasalnya, ada potensi penyakit yang bisa menular melalui ciuman. Di antaranya adalah penyakit menular seksual.

Inilah beberapa penyakit yang bisa ditularkan lewat kegiatan berciuman. Hati-hati dengan siapa Anda bersentuhan lidah dan bibir dan jangan lupa, selalu jaga kebersihan area oral Anda supaya Anda tetap aman dan bebas penularan penyakit.

1. Herpes

Herpes mungkin tidak dapat disembuhkan, tetapi juga tidak mematikan. Menurut WHO, sekitar duapertiga populasi di dunia di bawah usia 50 tahun, pernah memiliki virus herpes simplex 1 (HSV-1), yang dikenal sebagai jenis herpes oral.

2. Sifilis

“Sifilis adalah kondisi yang sangat menular, dan salah satu tandanya adalah luka di mulut,” kata Antonio Pizarro, M.D., dokter kebidanan dan kandungan di AS.

Luka ini biasanya terbuka, sehingga bisa menularkan virus lewat ciuman. Berciuman bukan cara penularan sifilis yang paling umum, seks oral, anal dan vaginal masih menduduki peringkat yang lebih tinggi.

3. Meningitis

Beberapa jenis meningitis disebabkan oleh bakteri sementara beberapa lainnya terjadi karena virus (termasuk virus herpes), kata Chris Carpenter, M.D., kepala seksi Penyakit Menular dan Pengobatan Internal di Beaumont Hospital di Royal Oak, Michigan.

Kontak dengan seseorang yang memiliki virus meningitis dapat mengakibatkan Anda mendapatkan virus tersebut, tapi belum tentu Anda menjadi benar-benar menderita meningitis, menurut CDC.

Bakteri meningitis dapat menyebar melalui kontak dengan penderita, termasuk berciuman.

4. Mononukleosis menular

Mononukleosis disebut “penyakit berciuman”karena virus mono memang mudah menular melalui ciuman, menurut Mayo Clinic.

Gejala Mononukleosis adalah kelelahan intens, sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening. Pengobatan penyakit ini terutama adalah banyak istirahat, nutrisi yang baik dan minum banyak cairan.

5. Gingivitis

Berciuman tidak hanya melibatkan pertukaran ludah, tapi juga termasuk bertukar bakter, termasuk bakteri penyebab radang gusi.

“Kita memiliki flora bakteri alami sendiri di dalam mulut. Ketika seseorang memiliki sanitasi oral yang buruk, bakteri tertentu di dalam dan sekitar jaringan gusi dapat berkembang biak dan menular salah satunya lewat ciuman,” kata Tim Pruett, D.M.D., pendiri Flossolution di AS.