Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Pentingnya Mengetahui Diameter Ban Sepeda Motor

069476700_1462520368-040616-MO-Wrenching-Tire-Diameter-Ride-height-01-633x389Rifan Financindo Berjangka -?Ban pada sepeda motor?berfungsi menjadi ‘alas kaki’ yang mendukung grip?dan pengendalian. Pada sisi lain, mengganti ban juga berpengaruh padaground clearance atau ketinggian sepeda motor yang dihitung dari permukaan tanah hingga ke as roda.

Tiap model dan merek ban bisa jadi berbeda tinggi antara satu dengan yang lain meskipun memiliki ukuran yang sama. Dilansir Motorcycle, rumus mengetahui perubahan ketinggian dapat dihitung dengan cara membandingkan tinggi ban yang lama dengan yang baru.

Cara ini dapat diketahui dengan cara mengukur keliling ban sepeda motor. Anda dapat memanfaatkan pita meteran yang biasa digunakan tukang jahit sebagai alat ukur.

Perhitungan keliling yang lebih besar menandakan bila karakter atau bentuk ban ini lebih tinggi pada bagian tengahnya saat terpasang dan telah diisi angin.

Perubahan ukuran ban sepeda motor?ini khususnya pada bagian depan sangat mempengaruhi handling. Kenaikan tinggi ban depan dengan ban belakang lebih pendek membuat pengendalian yang awalnya lincah jadi lamban dan kaku.

Ini disebabkan karena terjadi geometri sasis yang berubah. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengatur ulang ketinggian garpu depan atau suspensi belakang untuk mempertahankan posisi sasis sesuai perhitungan pabrik.