Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Penjualan Ritel Di Jepang Naik Tipis Melampaui Prediksi

Hari ini baru saja dilaporkan bahwa tingkat output industri di Jepang secara tiba-tiba anjlok untuk periode Agustus, dimana kondisi ini justru berkebalikan dengan tingkat penjualan ritelnya yang menunjukkan laju yang lebih kuat dan pasar tenaga kerja yang juga mulai membaik.

Penjualan sektor ritel di Jepang untuk bulan Agustus tercatat naik, demikian seperti dilaporkan oleh Kementerian Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang pagi ini (30/9/2014). Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Japan Retail Sales YoY

 

Laju pertumbuhan di sektor ritel bulan Agustus lalu telah melampaui perkiraan ekonom yang sebelumnya memprediksi kenaikan sebesar 0,1 persen setelah merevisi kenaikan sebesar 0,6 persen pada bulan sebelumnya (awalnya 0,5 persen). Penjualan dari pengecer besar naik 1,6 persen pada basis tahunan. Sedangkan pada basis bulanan, penjualan ritel naik 1,9 persen, melampaui perkiraan sebesar 0,5 persen setelah jatuh 0,5 persen pada bulan Juli.

Merespons berbagai rilis data fundamental Jepang yang keluar bersamaan pagi tadi, Indeks nikkei di bursa Jepang pagi tadi tampak dibuka negatif dan catat penurunan yang cukup signifikan karena kuatnya sentimen negatif baik dari dalam maupun luar negeri. Seperti diketahui, rilis beberapa data ekonomi Jepang pagi ini tampak mixed. Pengeluaran rumah tangga melemah sementara penjualan eceran mengalami peningkatan. Tingkat pengangguran lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.