Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Peningkatan Nilai Tukar Dollar Buat Harga Kakao Terpukul 2 Sesi Berurutan

cocoa-flickr2-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga kakao berjangka melanjutkan pergerakan melemahnya pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu (28/9). Harga komoditas bahan baku cokelat tersebut turun untuk dua sesi berturut-turut imbas kenaikan nilai tukar dollar AS. Dollar menguat akibat pernyataan Janet Yellen bahwa Fed masih mungkin menaikkan suku bunga acuan pada bulan Desember mendatang.

Kenaikan nilai tukar dollar terhadap rival-rivalnya sempat mencapai posisi paling tinggi dalam 5 minggu. Para pelaku pasar menghentikan aksi beli karena kenaikan dollar membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relative lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Di samping factor kenaikan dollar AS, pelemahan harga kakao juga disebabkan oleh potensi membludaknya produksi di Pantai Gading dan Ghana. Kedua Negara penghasil kakao utama dunia ini sedang berada dalam musim tanam di mana kondisi tanaman cukup baik.

Di akhir perdagangan Jumat dini hari harga kakao berjangka kontrak Desember yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan penurunan yang cukup besar. Harga komoditas tersebut ditutup melemah sebesar 17 dollar atau 0,52 persen pada posisi 3.276 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kelanjutan trend bullish. Saat indikator jangka pendek, menengah dan panjang masih berada dalam kondisi bullish kuat.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.331 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.360 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 3.229 dollar dan 3.200 dollar.