Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Pemerintah Berlakukan Moratorium, Tak Ada Lagi Penerimaan CPNS Jor-joran

Rifan Financindo Berjangka Semarang – Mulai hari ini, pemerintah memberlakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pemerintah juga menata ulang sekolah-sekolah kedinasan yang dimiliki oleh berbagai instansi.
Demikian ditegaskan oleh Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), di kediamannya di komplek Widya Chandra, Jakarta, Jumat (2/1/2015). “Moratorium sudah berlaku sejak hari ini,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Yuddy, lowongan CPNS tidak lagi dibuka secara massal. Pemerintah hanya akan membuka lowongan untuk sejumlah posisi.

Menurut Yuddy, pemerintah akan menghitung jumlah kebutuhan PNS yang ideal. Pasalnya, beberapa tahun terakhir penerimaan CPNS dibuka besar-besaran tanpa mengetahui kebutuhan.

“Kami nggak mau lagi ada penerimaan jor-joran tapi nggak tahu kebutuhannya untuk apa saja. Ternyata setelah lulus hanya untuk administrasi, kita sudah kebanyakan administrasi. Kita butuhnya tenaga teknis, tenaga pelayan, guru, dokter, penyuluh, dan sebagainya,” jelas Yuddy.

Selain itu, tambah Yuddy, pemerintah juga akan menata ulang sekolah-sekolah kedinasan seperti STAN, IPDN, dan sebagainya. Penerimaan siswa baru pun akan diatur sesuai kebutuhan.

“Instansi yang punya sekolah kedinasan juga akan mulai ditata lagi. Kalau ingin membuka penerimaan siswa kedinasan baru harus mengajukan formasi apa saja yang dibutuhkan ke kami (Kementerian PAN RB),” sebut Yuddy.