Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Pelemahan Harga Emas Didesak Penurunan Proyeksi Inflasi ECB

gold-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan emas dini hari tadi harga mengalami penurunan yang cukup serius (4/9). Menguatnya dollar AS terhadap euro membuat harga emas kembali melorot. Bank sentral Eropa menurunkan proyeksi inflasinya sementara laporan dari sektor tenaga kerja Amerika Serikat malam nanti akan sangat dinantikan untuk menentukan kapan kiranya Fed menaikkan suku bunga acuan.

Bank sentral Eropa seperti yang diduga membiarkan suku bunga acuan di rekor terendah pada rilis kebijakannya Kamis malam kemarin. Akan tetapi ECB menurunkan proyeksi inflasi dan pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. Bank sentral menyatakan bahwa memburuknya kondisi ekonomi di Negara emerging market dan pelemahan harga minyak mentah menjadikan prospek ekonomi di kawasan tersebut masih kurang meyakinkan.

Sebagai instrument tradisional yang digunakan untuk melawan inflasi, turunnya proyeksi inflasi tersebut membuat minat para pelaku pasar terhadap investasi emas menjadi berkurang. Kenaikan nilai tukar dollar malam tadi juga menjadi salah satu penyebab penurunan harga emas tersebut.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan tadi ditutup pada posisi 1.124,35 dollar per troy ons. Harga emas spot LLG mengalami penurunan sebesar 0,8 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. ?Pada sesi perdagangan malam tadi harga emas spot LLG sempat mencapai level harian terendah pada posisi 1.121,35 dollar per troy ons.

Harga emas berjangka Comex juga terpantau membukukan penurunan seiring melemahnya harga emas spot. Di akhir perdagangannya harga emas Comex tersebut mengalami pelemahan sebesar 0,8 persen dan ditutup pada posisi 1.124,50 dollar per troy ons.

Pada sesi perdagangan di Asia pagi harga emas terpantau mengalami penurunan terbatas melanjutkan kondisinya kemarin. Harga emas tersebut pagi ini diperdagangkan di posisi 1.124,10 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan cenderung bergerak terbatas. Kondisi pasar emas saat ini memasuki fase konsolidasi.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.130 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.135 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.120 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.115 dollar.