Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Pasar Fair Trade di Inggris Terus Berkembang

Penjualan produk fairtrade di Inggris naik sebesar 14 persen tahun lalu menjadi GBP 1,78 miliar. Menurut Fairtrade Foundation, perusahaan telah menerbitkan angka mempromosikan produk dan manfaat membeli produk mereka.

Sebagai bagian dari Fairtrade Fortnight, akan ada kampanye untuk menyoroti turunnya harga pisang di supermarket Inggris. Lembaga ini mengatakan perang harga pisang bisa memaksa petani di negara-negara berkembang keluar dari bisnis ini.

Ini pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir sejak produk fairtrade pertama muncul di Inggris, dan fairtrade masih tumbuh meskipun kondisi ekonomi sedang memburuk. Inggris benar-benar memimpin pasar fairtrade .

Untuk informasi, saat ini, Inggris sudah memiliki lebih dari 4.500 produk Fairtrade bersertifikat. Penjualan gula fairtrade naik 25 persen tahun lalu. Penjualan Chocolate, kakao, dan pisang tumbuh masing-masing sebesar 52 persen, 5 persen, dan 4 persen, sedangkan penjualan kopi dan teh terus stabil.

Area pertumbuhan penting lainnya adalah produk sayuran segar yang naik hingga 316 persen tahun 2013, karena lebih banyak produk dikonversi menjadi bagian dari fairtrade. Sementara penjualan anggur tumbuh sebesar 15 persen untuk tahun kedua secara berturut-turut.

Namun, Fairtrade Foundation melaporkan bahwa harga pisang telah turun hampir 50 persen di supermarket Inggris selama 10 tahun terakhir, sementara biaya produksi naik hingga dua kali lipat.

Petani kecil dan buruh perkebunan adalah yang paling terimbas dalam perang harga supermarket. Karenanya pemerintah harus menyelidiki perang harga ini, karena selain tidak adil juga bernilai miliaran poundsterling dalam perdagangan global.

Namun, juru bicara Departemen Bisnis, Inovasi, dan Keterampilan Inggris seperti yang dilansir BBC mengatakan? mereka sepenuhnya menyadari dampak positif dari pasar fairtrade yang dapat merubah kebiasaan belanja konsumen dan dapat meningkatkan kesadaran tentang isu-isu rantai pasokan. Dan pemerintah tidak memiliki hak untuk terlibat dalam penetapan harga, sebab yang memiliki hak adalah supermarket.

Salah satu? supermarket yang telah berhasil dalam fairtrade sebagai supermarket besar pertama yang beralih untuk menjual pisang Fairtrade pada tahun 2007 dan sebagai pengecer terbesar produk fairtrade,? supermarket Sainsburys selalu berusaha memastikan menjalin kesepakatan yang adil bagi puluhan ribu produsen.

Untuk informasi mengenai fairtrade, Fair Trade merupakan sistem perdagangan berkelanjutan yang berusaha untuk membantu produsen (perajin,petani,nelayan,dsb) yang terpinggirkan melalui sistem pembayaran yang adil, kondisi tempat kerja yang layak, bantuan teknis (seperti desain, pembukuan), program sosial, kesetaraan, tranparansi, saling mempercayai, dan menjaga lingkungan.