Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Orang Indonesia Doyan Belanja Online Saat Sahur

Rifan Financindo Berjangka – Bila di hari biasa, masyarakat Indonesia lebih banyak yang berbelanja online di pagi hari ketika tiba di kantor, lain halnya dengan hari di sepanjang bulan Ramadan.

Hengky Prihatna, Industry Head Google Indonesia mengatakan, berdasarkan data yang ada orang lebih sering berbelanja online di waktu sahur selama Ramadan.

“Trafik e-Commerce meningkat 152 persen saat sahur, lalu agak menurun di siang hari dan pada saat berbuka puasa. Mungkin mereka berbelanja online sambil menunggu waktu imsak. Kalau saat berbuka puasa, mungkin sibuk menyiapkan makanan,” kata Hengky di Jakarta.

Untuk puncaknya sendiri, lanjut Hengky, terjadi dua minggu sebelum Ramadan. Kemudian meningkat lagi di pertengahan Ramadan dan mulai menurut menjelang hari raya Idul Fitri.

“Untuk produk yang banyak dibeli konsumen secara online di bulan Ramadan adalah food and beverage, pakaian muslim, kategori sport, dan pemesanan tiket untuk Lebaran,” paparnya.

Di kesempatan berbeda, CEO Zalora Frederik Thomassen, melihat orang Indonesia lebih banyak belanja online saat di kantor karena mengandalkan koneksi internet di kantor yang lebih baik.

Mengenai trafik, Thomassen mengatakan sedikit sekali transaksi belanja online yang terjadi pada malam hari, termasuk di saat weekend atau hari libur trafik juga menurun.

“Jam 9 pagi saat orang tiba di tempat kerja mulailah terjadi pembelanjaan. Dan saat makan istirahat, penjualan turun lagi, dan naik lagi sampai orang selesai bekerja kira-kira jam 6 sore,” jelasnya kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

(isk/dhi)