Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Optimisme Yellen Berhasil Tinggikan Dollar AS

Federal Reserve Vice Chair Janet Yellen addresses a conference in Washington

Rifan Financindo Berjangka – Diakhir perdagangan sesi Amerika pagi ini (16/7), kurs dollar AS berhasil memimpin pergerakan pasar forex kecuali terhadap mata uang Inggris poundsterling. Dollar AS menerima sentimen positif dari pasar global setelah data ekonomi positif yang dirilis dan juga pernyataan Janet Yellen di hadapan kongres AS semalam. Sementara itu dari kawasan Eropa, Yunani bergejolak jelang pemungutan suara di parlemen negara tersebut.

Dihadapan kongres AS, Janet Yellen memperkuat ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga AS yang segera setelah bulan September. Gubernur bank sentral AS ini menyatakan the Fed tetap siap untuk menaikkan suku bunga tahun ini, dengan pasar tenaga kerja diharapkan dapat terus meningkatkan dan gejolak luar negeri tidak mungkin untuk membuat ekonomi AS keluar jalur.

Sentimen dari positifnya data ekonomi, Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa indeks harga produsen untuk permintaan akhir meningkat 0,4 persen bulan lalu setelah naik 0,5 persen pada? bulan Mei. Ini adalah bulan kedua berturut-turut dari kenaikan harga produsen dan dipandang sebagai pendukung kenaikan suku bunga Fed.

Mengakhiri perdagangan kemarin, index dollar berhasil menguat sebesar 0,52% atau sebesar 51 pips dengan nilai diakhir perdagangan dalam kisaran 97,13 setelah diawal perdagangan dibuka pada kisaran 96,62. Terhadap euro, dollar berhasil menguat hingga 0,5% ke posisi 1,0949 dan terhadap yen menguat ke posisi 123,7.

Terhadap turun tipisnya dollar AS terhadap pound Inggris oleh sentimen pasar pasca pernyataan gubernur Bank of England mengenai kemungkinan dinaikkannya? suku bunga Inggris. Dan hingga akhir perdagangan dollar terhadap pound ada dalam kisaran 1,5639 dimana dollar hanya kalah sekitar 2 pips.