Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Obligasi Amerika Ambruk, Harga Emas Ketiban Untung

Image-Rows-of-gold-bars-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot LLG dan berjangka di penutupan perdagangan Rabu dini hari tadi mengalami kenaikan yang signifikan (13/5). Harga logam mulia terangkat menguat setelah dollar dan bursa saham Eropa mengalami penurunan.

Pada perdagangan tadi malam nilai tukar dollar AS mengalami penurunan seiring dengan volatilitas di pasar obligasi. Harga minyak mentah dan komoditas lain yang diperdagangkan dalam dollar menjadi relative lebih murah bagi para pembeli luar negeri. Akibatnya permintaan mengalami peningkatan.

Pada perdagangan malam tadi dollar melemah setelah yield T-Bills bertenor 10 tahun mengalami penurunan tajam jelang tutup pasar. Sebelumnya yield obligasi milik pemerintah Amerika Serikat ini mengalami kenaikan hingga mencapai level tertinggi dalam enam bulan belakangan yaitu di atas 2,3 persen. Selama beberapa minggu belakangan yield obligasi AS memang sedang mengalami rally tajam.

Kenaikan yield obligasi tersebut mengakibatkan tekanan terhadap harga emas. Meskipun yield sudah menunjukkan terjadinya retreat, harga emas masih berisiko mengalami penurunan jika tetiba yield obligasi kembali melanjutkan kenaikannya.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga emas spot terpantau naik dengan cukup baik. Harga logam mulia tersebut mengalami peningkatan sebesar 0,8 persen di posisi 1.192,90 dollar per troy ons setelah sempat menyentuh level harian tertinggi di posisi 1.196,60 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka juga tampak mengalami kenaikan yang lumayan. Harga emas berjangka untuk kontrak Juni mengalami peningkatan 9,40 dollar dan ditutup pada posisi 1.192,40 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan bergerak dengan kecenderungan menguat terbatas di sesi Asia. Secara fundamental kinerja harga logam mulia ini masih berpotensi untuk melanjutkan pelemahan. Pergerakan naik di perdagangan malam tadi hanya terbatas kondisi teknikal.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.200 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.210 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.185 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.175 dollar.