Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Mudah Lelah?Pastikan Nutrisi Anda Terpenuhi

rifan financindo

Rifan Financindo – Semarang,?Di saat banyak tumpukan pekerjaan tubuh perlu asupan nutrisi penting. Jika mudah mersa lelah, mungkin Anda kurang asupan nutrisi.

Selain mengikuti pola makan gizi seimbang, asupan makanan juga harus cukup memberi energi. Ini untuk menunjang kinerja organ tubuh terutaa otak. Menurut Best Health Mag, 7 zat gizi ini perlu diasup sehari-hari agar tubuh tetap bugar dan tak gampang letih.

1. Protein

Riset membuktikan, melewatkan protein saat sarapan akan membuat Anda lebih mudah depresi, stress dan mudah merasa letih.

Asam amino akan mengaktifkan protein untuk membangun jaringan tubuh termasuk rambut. Protein dapat diperoleh dari ikan, daging, produk susu, dan kacang-kacangan. Minimal mengasup protein 0.8 gram/kg berat badan

2. Zat Besi

Saran penyajian: 8 miligram/hari untuk pria dan wanita menopause atau 18 miligram untuk wanita dalam masa subur
Anemia sering kali terjadi karena kurangnya zat besi. Akibatnya sel darah merah menurun dan mengakibatkan 5L (lemah, letih, lesu, lunglai, lelah). Tanda-tanda anemia biasanya adalah pucat dan merasa letih terus menerus.

Tubuh kita menyerap zat besi lebih baik dari daging. Jika hanya mengandalkan asupan zat besi dari sayuran, kombinasikan dengan buah kaya vitamin C agar penyerapan zat besi lebih baik. Sebaiknya mengasup 8 mg zat besi setiap hari untuk pria dan 18 mg untuk wanita.

3. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat menjadi sumber energi utama dalam tubuh. Tapi akan lebih baik jika mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal. Dalam sebuah penelitian di Inggris, 142 orang makan sereal tinggi serat saat sarapan selama dua minggu. Terbukti mereka memiliki lebih banyak energi, lebih tenang, dan tidak mudah marah dibandingkan saat mengonsumsi karbohidrat biasa.

4. Vitamin C

Vitamin C membantu penyerapan zat besi lebih optimal. Selain itu vitamin C diperlukan untuk membentuk sistem adrenal yang sehat, yang akan membantu mencegah rasa lelah dari stres fisik atau emosional.
Dianjurkan mengonsumsi 75 miligram vitamin C per hari untuk wanita dan 90 miligram per hari untuk pria

5. Magnesium

Magnesium, sangat penting untuk produksi molekul yang disebut Adenosin Trifosfat, yang akan mengubahan makanan menjadi energi. Magnesium dapat didapat dari sayuran seperti bayam atau biji labu. Magnesium juga membantu melemaskan otot dan membuat tidur lelap. Kekurangan Adenosin Trifostat, tubuh mudah merasa lelah dan lemah. Saran penyajian: 400-420 miligram magnesium per hari untuk laki-laki, 310-320 miligram untuk wanita

6. Betakarotin

Betakarotin akan memberi warna pada sayur dan buah seperti bayam, ubi dan juga wortel. Berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari virus, bakteri, jamur, dan alergi. Bahkan melawan infeksi, dan penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat terutama mengatasi rasa lelah.

7. Potasium

Penelitian menunjukkan orang dengan potasium rendah memiliki genggaman tangan lebih lemah dari orang dengan gizi yang cukup. Potasium membantu transportasi nutrisi ke sel-sel, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengatur kontraksi otot, dan menjaga kesehatan sistem saraf dan detak jantung. Kekurangan potassium akan membuat tubuh lelah.

Potasium yang terkandung dalam makanan seperti pisang atau ubi dapat menurunkan tingkat kalsium dalam tubuh. Penting untuk menyertai konsumsi makanan mengandung potasium seperti bayam dan alpukat dengan susu kaya kalsium.

?(ss,?rifan financindo)