Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Minyak dan Emas Pekan Ini Merambat Naik

Oil-Splash-Gold-700x357

Pada perdagangan pekan ini, harga minyak mentah dan emas ditutup positif. Minyak mentah pekan ini bergerak relatif stabil? dalam kisaran yang terbatas. Sedangkan harga emas spot justru terus menunjukan tren bullish sejak awal tahun ini meski sempat mengalami pergerakan yang volatil. Keduanya secara solid didukung oleh sentimen fundamental yang berkembang di pasar pada pekan ini. Untuk harga minyak mentah, sentimen positif diperoleh dari turunnya data tingkat pengangguran Inggris untuk bulan Desember 2013 sebesar 0,3% menjadi 7,1%, lalu naiknya data manufaktur Perancis dan Jerma untuk bulan Desember 2013 yang masing-masing sebesar 1,8 poin dan 1, poin dan paling besar pengaruhnya ialah proyeksi IEA yang menyatakan bahwa konsumsi minyak mentah global tahun ini akan naik 1,4% menjadi 92,5 juta barel per hari.

Harga minyak mentah sampai dengan akhir perdagangan pekan ini berada di posisi 96,88 dollar per barel. Secara tren, harga minyak terus naik sejak pertengahan Januari ini. Sedangkan harga emas spot pekan ini ditutup pada posisi 1268,2 dollar per troy ons atau merupakan level tertinggi sejak 20 November 2013.

Penguatan harga emas dipicu oleh imbas pelemahan indeks dollar yang pekan ini di tutup di posisi 80,47. Level tersebut merupakan yang terendah sejak 2 Januari. Pelemahan indeks dollar disebabkan oleh adanya penguatan Euro terhadap Dollar AS, penguatan Euro dipicu oleh naiknya performa mayoritas data-data ekonomi Eropa yang dirilis pada pekan ini.

Untuk perdagangan pekan depan, harga minyak mentah dan emas diprediksi akan masih berpeluang mengalami kenaikan lanjutan. Beberapa data ekonomi yang akan menjadi acuan pasar untuk pekan depan ialah data penjualan rumah baru AS untuk bulan Januari, data kepercayaan konsumen AS, hasil rapat Fed pertengahan pekan depan dan data konsumen AS.