Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Merinding Saat Mendengarkan Musik? Pakar Menyebutnya Skin Orgasm

105cae0c-29da-4540-9ae7-ad4a185b2c91_169Rifan Financindo Berjangka -?Hampir semua orang mungkin pernah merasakan sensasi merinding saat mendengarkan alunan musik tertentu. Oleh para pakar, reaksi terhadap rangsang emosional tersebut disebut sebagai salah satu bentuk orgasme.

Skin orgasm, demikian para pakar menyebutnya. Istilah lain yang juga dipakai untuk sensasi merinding akibat rangsangan musik tersebut adalah frisson dan aesthetic chills. Dinamakan demikian karena sensasi mirip orgasme tersebut paling dominan dirasakan di kulit.

Rangsang musik paling sering memicu skin orgasm, disamping rangsang-rangsang lainnya misalnya melihat karya seni yang menakjubkan. Bisa juga, sensasi ini muncul saat menonton adegan film yang begitu menyentuh secara emosional.

Sebuah penelitian menyebut dua pertiga populasi manusia pernah mengalami sensasi skin orgasm. Prof Amani El-Alayli, seorang pakar psikologi sosial dari Eastern Washington University mencoba mempelajarinya dan mendapati bahwa lagu-lagu tertentu bisa memicu skin orgasm.

Dalam penelitiannya, Prof Amani memperdengarkan sejumlah lagu dan mengukur galvanic skin response pada sejumlah relawan. Respons yang dimaksud adalah resistensi elektrik yang terjadi di kulit manusia saat ‘terangsang’ secara psikologis.

Hasilnya, tidak semua orang mengalami skin orgasm pada bagian yang sama dari sebuah lagu. Respons yang berbeda-beda juga dikaitkan dengan kepribadian seseorang, misalnya lebih sering dialami oleh orang-orang dengan imajinasi yang aktif.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Music baru-baru ini. Demikian dikutip dari Sciencealert, Minggu (29/5/2016).