Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Menteri Keuangan Jepang Peringatkan Untuk Adanya Intervensi, USDJPY Melemah

USDJPYRifan Financindo BerjangkaYen melemah terhadap sebagian besar mata uang utama pada hari Jumat setelah membukukan penguatan untuk pekan ini, dibebani oleh peringatan dari Menteri Keuangan Jepang pada hari Jumat terhadap kemungkinan adanya intervensi untuk melemahkan mata uang.

USDJPY melemah sekitar 0.11% di level 108.34 pada pukul 22:16 WIB.

Penguatan di pasar saham global dan naiknya harga minyak juga meningkatkan minat para pelaku pasar terhadap aset beresiko, memudarkan daya tarik untuk yen sebagai aset haven.

Yen menguat sekitar 2% terhadap dollar pada hari Kamis. Menteri Keuangan Jepang Taro Aso pada Jumat pagi memperingatkan bahwa pergerakan mata uang yang begitu cepat “tidak diinginkan” olehnya, yen bergerak hanya “satu sisi” dan itu akan membuat Jepang mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Itu adalah bahasa yang telah digunakan oleh Tokyo di masa lalu untuk mengintervensi mata uang. Yen menguat ke level terkuat 17 bulan terhadap dollar, dan investor sejauh ini mengharapkan para pembuat kebijakan Jepang akan mengeluarkan kebijakan tentang keputusan suku bunga setidaknya sampai setelah pertemuan G-20 pekan depan di Washington.