Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Memulai Investasi Reksa Dana untuk Orang Awam

reksadana

Rifan Financindo Berjangka Semarang – Pertanyaan dari Pembaca: Saya Irwan, tertarik dengan investasi reksa dana, tetapi saya tidak tahu bagaimana cara memulainya, tidak memahami syarat dan prosedur pembelian dan penjualannya, bahkan tidak mengerti bagaimana menghitung hasil investasinya dan modal investasinya apa seperti kita berinvestasi di indeks saham atau tidak? Terima kasih.

Jawaban:
Hallo mas Irwan, terima kasih atas pertanyaannya. Setiap orang memiliki keinginan dan kemauan untuk dapat hidup lebih baik lagi.

Setiap orang tentu memiliki tujuan keuangan atau mimpi dalam hidupnya, ingin membeli rumah idaman, mobil impian, jalan-jalan ke tempat wisata baik dalam ataupun luar luar negeri atau menunaikan ibadah ke tempat suci. Yang kesemuanya tentunya memiliki biaya yang berbeda-beda dan juga setiap orang memiliki jangka waktu yang berbeda pula.

Untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan tersebut dapat kita capai dengan berinvestasi secara benar, salah satunya dengan berinvestasi di produk keuangan yang bernama reksa dana.

Reksa dana jika kita lihat dari pengertiannya adalah suatu wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang selanjutnya diinvestasikan ke dalam portofolio efek seperti saham, obligasi dan pasar uang untuk dikelola secara professional oleh Manajer Investasi.

Nah, dari pengertian ini jelas, bahwa reksa dana sudah ada yang mengelola secara profesional, yaitu Manajer Investasi yang bertugas memantau kondisi pasar, kapan akan dijual atau kapan dibeli dan kebijakan lainnya.

Jadi kita sebagai investor tidak perlu repot lagi untuk menghitung hasil investasinya, yang perlu kita tetapkan pertama kali sebelum kita berinvestasi di reksa dana adalah apa tujuan keuangan kita dan dalam jangka waktu berapa uang tersebut akan kita gunakan, lalu kita dapat memilih produk yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Untuk membeli produk reksa dana, Anda dapat membelinya langsung di Manajer Investasi atau di Bank yang menjadi Supermarket Reksa dana (yang menjual produk-produk reksa dana dari beberapa Manajer Investasi), yang perlu menjadi catatan pastikan bahwa agen penjual yang melayani Anda sudah bersertifikasi WAPERD, sehingga dapat memberikan penjelasan dengan benar.

Modal awal untuk berinvestasi di Reksa dana cukup terjangkau, ada yang mulai dari 250rb an Anda sudah dapat berinvestasi di produk keuangan ini. Yang perlu diperhatikan sebelum kita berinvestasi, cek terlebih dahulu kondisi keuangan Anda atau biasa kami sebut dengan financial check up sehingga ketika berinvestasi tidak mengganggu cash flow yang ada selama ini.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda, selamat berinvestasi! Jika Anda ingin mempelajari lebih detail tentang Reksa dana, kami membuka workshop rutin bulanan khusus reksadana yang bernama CMFC (Certified Mutual Fund Consultant), informasi dapat Anda dapatkan melalui akun @IARFC_ID.

Happy planning!