Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Memori otak pria lebih jelek dari wanita?

Rifan Financindo Berjangka -? Sains telah membuktikan bahwa memori otak pria lebih buruk dari wanita. Bukan cuma itu, otak pria juga lebih kecil dibanding wanita, setidaknya di bagian yang mengontrol kenangan.

“Itu benar, data mengatakan demikian,” pungkas Dr. Clifford Jack kepada Mayo Clinic, “Kami melihat memori dan volume otak pria lebih buruk daripada wanita dari usia 40-an dan seterusnya.”

Dalam sebuah studi yang melibatkan 1.246 orang antara usia 30 sampai 95 tahun, Dr. Clifford dan rekan-rekan penelitinya menemukan ketika memori otak mulai menurun pada usia 30 tahun baik untuk pria atau pun wanita, memori pria menjadi lebih buruk daripada wanita secara keseluruhan, terutama setelah usia 40-an.

Dan pada pria, hippocampus, bagian dari otak yang mengontrol memori, juga jadi lebih kecil dibandingkan wanita, terutama setelah usia 60-an.

Namun bukankah otak pria secara keseluruhan lebih besar daripada otak wanita?

“Memang benar, otak wanita lebih kecil dari otak pria, namun hippocampus dan memori verbal wanita lebih baik daripada pria,” lanjutnya.

Salah satu alasan utama kenapa memori otak wanita lebih baik daripada pria saat menua adalah karena efek perlindungan dari hormon. Estrogen telah terbukti dapat melindungi wanita pra-menopause dari hipertensi, keropos tulang, penyakit jantung, bahkan infeksi saluran kemih.

“Pria tidak bisa berbuat apa-apa tanpa adanya efek perlindungan dari estrogen,” kata Dr. Clifford kepada The Huffington Post.

Apa yang bisa kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan pada otak? Tentu saja, ini sangat dipengaruhi oleh faktor genetika. Namun para ahli sepakat bahwa siapapun bisa memperlambat penuaan otak dengan menerapkan gaya hidup sehat.

“Belajar bahasa baru, mengembangkan keterampilan baru seperti bermain piano atau gitar, menggambar, melukis. Ada bukti pasti baik hal belajar merangsang hormon otak yang membantu mengembangkan otak kita,” tandasnya.