Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Membangun Kerjasama Tim Dengan Out Bond Training

kerjasama tim

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Berkembangnya sebuah perusahaan yang dapat dilihat dari tingginya nilai penjualan, tidak lepas dari kerjasama tim yang solid dalam perusahaan tersebut. Dalam kerjasama semua orang berdedikasi untuk menyumbangkan kompetensinya semaksimal mungkin demi meraih tujuan yang sama, yaitu visi perusahaan. Kemudian jika tujuan? tersebut telah tercapai, masing-masing pihak dalam tim akan merasakan kepuasan yang sama karena keberhasilan yang mereka raih adalah hasil kerja bahu-membahu dan bukannya karena kehebatan satu orang saja.

Untuk membentuk tim yang solid dan loyal kepada perusahaan tentu bukanlah hal yang mudah, karena setiap individu mempunyai karakter dan potensinya masing-masing. Tugas pemimpinlah yang mengakomodasi semua keunggulan dari tiap unsur dalam tim dan menyatukannya menjadi energi untuk meraih target. Bagaimana caranya agar tiap orang dalam tim rela untuk mengorbankan kepentingan pribadinya dalam perusahaan dan dapat melakukan kerjasama tim demi meraih tujuan yang lebih besar?

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh perusahaan adalah dengan mengadakan out bond training yang merupakan gabungan kegiatan pelatihan di dalam ruangan sekaligus di alam bebas. Out bond training ini telah dirancang oleh ahlinya untuk memunculkan kerjasama tim demi memecahkan persoalan yang diberikan dan target yang ditetapkan. Pelatihan-pelatihan out bond tersebut merupakan miniatur membangun kerjasama demi mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang terjadi di perusahaan.

 

Manfaat out bond training bagi perusahaan

  • Membentuk jiwa kepemimpinan

Pelatihan ini ditujukan tidak hanya bagi orang-orang yang menduduki jabatan penting dalam perusahaan melainkan untuk semua karyawan, karena semua orang perlu memiliki jiwa kepemimpinan dalam diri mereka agar dapat membuat keputusan yang tepat di saat yang genting. Games yang dilakukan dalam out bond telah didesign sedemikian rupa untuk memunculkan kualitas sikap leadership, penuh tanggung jawab, dan kepedulian.

  • Membentuk kekompakan tim

Anda mungkin sering mendengar kisah bahwa tim dengan anggota-anggota individu dengan kemampuan terbaik, justru gagal meraih tujuan mereka karena tidak ada anggota yang rela berkorban demi kesuksesan visi bersama. Orang-orang yang bekerjasama dalam tim tetapi enggan melepaskan ambisi pribadinya dan ingin tampil sukses seorang diri tentu merupakan ancaman bagi kekompakan tim. Oleh karena itu pelatihan out bond ini akan membentuk sikap solid dan loyal kepada tim dalam perusahaan.

  • Meningkatkan kinerja individu demi kesuksesan tim

Kesuksesan kerjasama tim lebih cepat tercapai jika pemimpin dalam tim mengetahui cara yang terbaik untuk mendelegasikan tugas-tugas kepada orang-orang yang tepat atau sering dikatakan right man in the right place. Selain itu pemimpin juga harus dapat memotivasi para anggota timnya agar dapat bekerja semaksimal mungkin untuk mencapai visi bersama, dan yang terakhir adalah memberikan penghargaan dengan tulus jika anggota timnya berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Out bond training juga memiliki pelatihan yang bertujuan meningkatkan kinerja individu demi kemajuan perusahaan yang tercermin dalam simulasi yang berupa permainan.

Melihat manfaat out bond training yang telah diuraikan di atas, tidak mengherankan jika banyak perusahaan besar atau pun kecil secara berkala melakukan kegiatan ini karena hasil dari pelatihan ini bisa memberikan efek yang positif bagi perusahaan yang diperoleh dari hasil kerjasama tim. Dalam pelatihan ini idealnya tidak hanya karyawan yang aktif terlibat tetapi juga keseluruhan unsur perusahaan termasuk para pimpinan. Dengan demikian kedekatan antara keseluruhan komponen dalam perusahaan akan terjalin semakin erat dan berdampak pada kemajuan perusahaan.