Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Mau Kencan Online?Baca Ini..

rifan financindo

PT Rifan Financindo – Semarang,Mencari teman kencan atau pasangan di dunia maya adalah hal yang wajar dan sah-sah saja, mengingat saat ini juga banyak situs layanan kencan online yang bermunculan. Namun yang perlu diwaspadai adalah soal penipuan.

Ada begitu banyak aksi penipuan yang telah terjadi di media sosial dan juga situs kencan online. Mereka (pelaku) memajang profil yang bukan menggambarkan diri mereka yang sesungguhnya alias profil palsu. Mereka berpura-pura menjadi seseorang yang terlihat baik dan tampan/cantik. Padahal di dunia nyata belum tentu ia baik dan tampan/cantik. Bisa jadi orang tersebut adalah orang dewasa yang ingin ‘memangsa’ anak remaja.

Awalnya para predator tersebut mencoba menjalin percakapan lewat fasilitas chatting lebih dulu. Dan mereka biasanya akan berkelakuan sangat baik dan perhatian untuk menarik simpati dari calon korbannya. Setelah korban percaya bahwa mereka bereputasi baik, barulah mereka melakukan niat jahat mereka seperti meminta korban mengirimkan uang atau barang, mengajak ketemuan di dunia nyata untuk melecehkan korban secara seksual dan sebagainya.

Celakanya, sebagian anak remaja mudah sekali percaya. Sifat mudah percaya inilah yang dimanfaatkan para predator online untuk mencari mangsa.

Kencan online juga dapat membatasi interaksi sosial seseorang. Misalkan Anda atau anak Anda punya teman kencan online di negara lain. Ia tentunya ingin selalu ngobrol dengan teman kencannya itu karena tidak bisa bertemu. Ia akhirnya melupakan kehidupan sosialnya, seperti pesta ulang tahun temannya, karena ia ingin di rumah saja untuk chatting dengan pacarnya.

Sama seperti kencan di dunia nyata, kencan online pun dapat menimbulkan risiko pelecehan emosional dari pasangannya. Atau dalam kasus-kasus yang lebih serius, mereka mungkin melakukan pertemuan di dunia nyata yang berujung pada pelecehan seksual.

Namun demikian, kencan online tidak melulu memberikan dampak negatif. Bagi mereka yang merasa malu dan canggung jika harus melakukan percakapan secara bertatap muka dengan orang yang mereka sukai, kencan online dianggap sangat membantu. Orang dengan kepribadian pemalu jadi berani mendekati orang baru melalui chatroom. Atau orang yang merasa rendah diri bisa jadi percaya diri ketika berkomunikasi di depan layar komputer. Bagi sebagian orang, kehadiran situs kencan online dapat membantu mereka mengatasi masalah krisis kepercayaan diri.

Bagaimanapun, kencan online punya sisi terang dan juga sisi gelap. Kuncinya ada pada diri sendiri. Sebaiknya jangan lanjutkan hubungan jika teman online yang ingin Anda kencani meminta Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak realistis.

Jika ingin melakukan pertemuan di dunia nyata dengan teman kencan yang baru dikenal lewat internet, beritahu orangtua atau keluarga Anda terlebih dulu. Sebelum bertemu, selidiki lagi lebih jauh siapa orang tersebut dan kalau perlu minta teman atau keluarga mendampingi Anda saat melakukan pertemuan.