Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Mata Uang Benua Eropa Memanas

rifan financindo berjangka

Rifan Financindo Berjangka – Semarang,?pergerakan mata uang di benua Eropa tengah dilanda ancaman serius menjelang laporan hasil terakhir Brexit referendum. Kekhawatiran yang paling mendalam saat ini bisa dirasakan oleh euro, mengingat tekanan resesi ekonomi di blok Eropa bisa semakin menjadi apabila Inggris lepas dari Uni Eropa.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, EURUSD terpantau naik 0.34% di level 1.1335 dimana pasangan ini telah bergerak menyentuh level low di 1.1296 dan level high di 1.1350. Di tempat lain, untuk pasangan GBPUSD juga berdiri bebas di zona hijau dengan naik 0.58% di level 1.4794.

Meski pergerakan kedua mata uang benua Eropa ini terpantau berdiri di jalur penguatan ?mingguan?, namun apapun hasil keputusan Brexit referendum memiliki dampak besar. Perlu diketahui, dengan menurunnya kekhawatiran Inggris untuk lepas dari Uni Eropa dalam sepekan telah berhasil membantu mata uang poundsterling bergerak naik kurang lebih 3% hingga saat ini.

Sementara itu, para analis memperkirakan adanya gejolak pergerakan hebat yang akan dialami oleh euro dan poundsterling ketika laporan quick count yang dirilis oleh beberapa lembaga survei independen mengenai hasil akhir referendum Britania Raya. Dengan demikian, sikap ?wait and see? yang menjamur di kalangan para pelaku pasar finansial tentunya sudah tidak dapat dihindari kembali.

Di sesi sebelumnya, pidato Janet Yellen di Capitol Hill kemarin telah menegaskan bahwa dukungan suara Brexit dapat menjadi sebuah ancaman serius pada ekonomi global dan pasar finansial. Yellen menambahkan bahwa dirinya siap untuk melakukan pertemuan mendadak akhir pekan ini jikalau Inggris benar ? benar lepas dari Uni Eropa.

Bursa Asia dibuka variatif pada perdagangan Kamis, menyusul merahnya bursa Amerika Serikat pada penutupan Rabu, sementara investor tetap menanti hasil referendujm Inggris Kamis ini.

Bursa Australia naik 0,07 persen. Saham-saham pertambangan besar mengalami kenaikan 1 persen, dengan saham Rio Tinto naik 1,35 persen dan? Fortescue naik hingga 4,91 persen.

Indeks Nikkei 225 naik 0,24 persen, sementara indeks Kospi Korea turun 0,39 persen.

Dari daratan Cina, indeks bursa Shanghai turun 0,26 persen dan indeks Shenzhen bergerak mendatar. Di Hong Kong, indeks Hang Seng terkoreksi 0,11 persen.

Pada penutupan bursa AS dini hari tadi, indeks Dow Jones ditutup turun 48,90 poin, atau 0,27 persen, di 17.780,83. S&P 500 turun 3,45 poin, atau 0,17 persen, di 2.085,45, sementara indeks Nasdaq terpangkas 10,44 poin, atau 0,22 persen ke level 4.833,32.

Pasar bergerak cenderung mendatar, ditengah ketidakpastian mengenai referendum berlangsung berlaurt-larut.

“Tampaknya pasar sudah? berada di harga dengan perkiraan? suara ‘bertahan’ menang, berarti pergerakan pasar dan volatilitas sudah jauh berkurang jelang referendum ini,” jelas? Angus Nicholson, analis pasar di spreadbettor IG.

Sempat menyentuh level hampir di 1,4850 di awal sesi Asia, nilai tukar GBP/USD turun perlahan dari titik tertinggi enam bulan terakhir. Sentimen Bremain atau Inggris bertahan di Uni Eropa masih kuat menopang pergerakan sterling.

GBP/USD saat ini menunggu proses referendum Uni Eropa. Saat ini, GBP/USD ditransaksikan di 1,4799 atau naik +0,62% dibanding penutupan kemarin, gagal menyentuh level di atas 1,48. Pada perdagangan sehari sebelumnya pasangan ini mengalami volatilitas, dan sekarang banyak permintaan poundsterling seiring hasil jajak pendapat terakhir yang mengunggulkan suara pro Uni Eropa.

Banyak hasil puling terakhir yang hasilnya dimenangkan kelompok Bertahan. Puling yang diadakan? YouGov menempatkan kelompok ‘Bertahan’ unggu dengan 51% berbanding 49%, puling oleh lembaga ComRes menempatkan 48% suara pro Uni Eropa, dan? 42% yang memilih Keluar, dan 11% belum memutuskan.

Pasar saat ini menanti proses pemungutan suara yang akan dimulai beberapa saat lagi dengan tempat pemungutan suara (TPS) akan dibuka mulai pukul 6GMT atau 13.00 WIB. Demikian kutipan Rifan Financindo Berjangka dari Financeroll.