Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Masalah Yunani Menguntungkan Perdagangan Emas, Harga Jadi Naik

Image-Rows-of-gold-bars-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot LLG dan? emas berjangka Comex mengalami peningkatan di akhir perdagangan Selasa dini hari tadi (16/6). Harga logam mulia ditutup menguat didukung oleh kenaikan teknikal dan melemahnya dollar AS. Para pelaku pasar masih menantikan hasil dari rapat Fed yang akan diumumkan Kamis dini hari mendatang.

Salah satu penyebab dari peningkatan harga emas adalah kekhawatiran mengenai potensi kebangkrutan Yunani. Hingga saat ini dikabarkan bahwa Yunani dan para kreditornya masih menemui jalan buntu dalam upaya menyelesaikan persoalan utang negara tersebut. Jika perundingan gagal Yunani akan terpaksa menyatakan kebangkrutan dan harus keluar dari keanggotaan kawasan euro.

Para pelaku pasar juga masih menantikan hasil pertemuan Fed yang akan dirilis Kamis dini hari. Para petinggi bank sentral Amerika Serikat tersebut akan mulai melangsungkan pertemuan bulanannya malam nanti. Mereka mengharapkan ada sinyal yang jelas mengenai kapan suku bunga acuan di Negeri Paman Sam akan mulai dinaikkan.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan Selasa dini hari berada di posisi 1.186,15 dollar per troy ons. Harga logam mulia mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 5,20 dollar atau setara dengan 0,44 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1.180,95 dollar per troy ons. Sedangkan harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus terpantau ditutup menguat mantap sebesar 6,60 ?dollar di posisi 1.185,80 dollar per barel.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang masih terbatas, belum bergerak banyak dari posisi penutupan perdagangan tadi. Harga saat ini diperdagangkan pada posisi 1.184,65 dollar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan masih cenderung untuk bergerak sideways dan terbatas di sesi Asia. Harga emas akan mencari arahan dari pergerakan nilai tukar dollar pada hari ini dan kemungkinan bisa mengalami kenaikan lanjutan di perdagangan sesi Eropa dan Amerika Serikat.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.190 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan peningkatan lagi ke posisi 1.200 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.175 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.170 dollar.