Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Laporan Perdagangan Grains di CBOT: Cuaca Buruk Angkat Harga Gandum, Jagung dan Kedelai

grains5-700x357

Pada penutupan perdagangan di bursa komoditas CBOT akhir pekan lalu harga gandum berjangka melonjak tajam, membukukan kenaikan harian terbesar sejak pertengahan Oktober di tengah kekhawatiran bahwa sebagian besar tanaman akan mengalami kerusakan akibat cuaca dingin di Amerika Serikat (06/01). Harga jagung dan kedelai juga tampak mengalami kenaikan.

Lembaga Meteorologi Bethesda memperkirakan sekitar 20 persen tanaman gandum di musim dingin akan mengalami kerusakan akibat cuaca yang membekukan. Suhu udara bisa mengalami penurunan hingga mencapai minus 10 derajat Fahrenheit atau minus 23 derajat Celcius dalam beberapa hari ke depan di kawasan penanaman gandum di Amerika Serikat.

Harga gandum berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Maret mengalami peningkatan sebesar 0.66 persen dan ditutup pada posisi 6.0975 dollar per bushel. Harga komoditas ini sempat mengalami kenaikan sebesar 1.3 persen pada sesi perdagangan Jumat malam lalu.

Harga jagung berjangka CBOT mengalami peningkatan sebesar 0.53 persen dan ditutup pada posisi 4.2575 dollar per bushel. Harga kedelai berjangka untuk kontrak Maret mengalami peningkatan sebesar 0.18 persen dan ditutup pada posisi 12.7350 dollar per bushel.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga grains di CBOT pada perdagangan hari ini akan cenderung retreat terbatas. Kenaikan tajam pekan lalu berpotensi untuk melemahkan sedikit harga komoditas tersebut. Meskipun demikian faktor cuaca yang kurang mendukung berpotensi untuk kembali mengangkat harga komoditas tersebut.