Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Kurangi Kertas di Kokpit, Pilot AirAsia akan Pakai Tablet

Rifan Financindo Berjangka – AirAsia meluncurkan aplikasi Airbus Smarter Fleet Electronic Flight Folder. Lewat aplikasi ini, maka operasional penerbangan tidak lagi menggunakan kertas.

AirAsia menjadi pelanggan pertama Airbus yang menggunakan aplikasi Airbus ‘Smarter Fleet’ electronic Flight Folder (eFF).

eFF merupakan aplikasi perangkat lunak komprehensif yang memungkinkan pilot mengakses dokumen briefing penerbangan di atas pesawat, di rumah, di hotel, serta di ruang briefing kru.

Perangkat lunak ini juga memiliki kemampuan mengatur dokumen yang berbentuk elektronik, seperti post flight journey log dan air safety reports. Pengaturan tersebut terkoneksi dengan maskapai, menyajikan paket briefing dan secara otomatis mengarsipkan data.

Hal ini dilakukan, menyusul penandatanganan perjanjian oleh Airbus dan AirAsia, di counter Airbus, Paris Air Show, di Le Bourget, Selasa (16/6/2015).

Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh CEO grup AirAsia Tony Fernandes.

“Di AirAsia sangat penting untuk memastikan, bahwa kru kami dilengkapi dengan aplikasi terbaru dan atmosfir kerja yang optimal,” kata Tony.

Menurut Tony, dengan solusi terbaru yang ditawarkan Airbus, AirAsia dapat mengurangi penggunaan kertas di kokpit dan meningkatkan efisiensi, menjaga tetap tingginya standar keselamatan dan kesempurnaan operasional.

Di tempat yang sama, Didier Lux, Head of Customer Services, Airbus mengaku sangat bangga dapat meluncurkan inovasi terbaru bersama dengan AirAsia.

“Sebagai salah satu pelanggan terbesar Airbus, AirAsia secara berkelanjutan menunjukkan komitmen dalam memastikan operasional penerbangan yang efisien serta dapat diandalkan,” kata Didier.

Aplikasi eFF terbaru ini dapat dikombinasikan dengan seluruh perangkat Smarter Fleet untuk optimalisasi dalam operational end-to-end.

Grup AirAsia adalah pelanggan terbesar Airbus, dan saat ini telah melakukan pemesanan sebanyak 571 unit pesawat. Pesanan itu terdiri dari sebanyak 475 unit A320 family untuk penerbangan jarak pendek, dan 96 unit pesawat berbadan lebar untuk penerbangan jarak jauh yang dioperasikan oleh AirAsia X.