Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Kuatnya Permintaan dari China Picu Harga Emas Rally ke 3 Minggu Tertinggi

unduhan (3)

Harga emas terpantau kembali melanjutkan rally-nya pada perdagangan Senin pertama di tahun 2014 ini (06/01). Harga emas menguat dan mencapai posisi paling tinggi dalam nyaris tiga minggu belakangan di tengah spekulasi bahwa penurunan tahunan terbesarnya sejak tahun 1981 yang terjadi tahun 2013 lalu akan menimbulkan kenaikan permintaan di Asia.

Pekan lalu harga emas mengalami peningkatan mingguan terbesar sejak bulan Oktober 2013 di tengah sinyak menguatnya permintaan dari China. Negara dengan populasi terbesar di dunia tersebut diperkirakan akan mengambil alih posisi India sebagai konsumen emas terbesar di dunia tahun lalu.

Permintaan emas fisik dari China masih amat kuat. Volume perdagangan emas berjangka di bursa komoditas Shanghai juga meningkat pesat selama dua hari belakangan. Minggu ini harga emas diperkirakan masih akan membukukan kenaikan mingguan.

Harga emas spot LLG terpantau menguat dan saat ini diperdagangkan pada posisi 1242.20 dollar per troy ons. Harga komoditas tersebut terangkat menguat sebesar 5.15 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangannya akhir pekan lalu. Hari ini harga sekaligus sempat mencapai posisi paling tinggi dalam tiga minggu, tepatnya sejak tanggal 17 Desember lalu.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG maupun harga emas berjangka Comex pada perdagangan hari ini akan cenderung melanjutkan kenaikannya. Untuk hari ini harga emas diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1230 ? 1260 dollar per troy ons.