Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Korban Harga Minyak Anjlok, 400 Karyawan Kena PHK

Venezuelan President Chavez takes a sample of crude during weekly broadcast at nationalized oil field at Orinoco's belt

Rifan Financindo Berjangka – Harga minyak dunia yang anjlok benar-benar membuat frustasi perusahaan-perusahaan minyak. Anak usaha dari raksasa perusahaan minyak Tiongkok, CNOOC, yaitu Nexen Energy, bakal memangkas 400 karyawannya karena kondisi ini.?

Seperti yang dilansir dari?BBC, Jumat (20/3/2015), Nexen bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 400 karyawannya, di wilayah operasi Amerika Utara dan Inggris. Di Amerika Utara, 340 karyawan bakal dirumahkan. Sedangkan di Inggris, akan ada 60 karyawan Nexen yang terancam tak punya pekerjaan.?

Tak diragukan lagi, alasan perusahaan melakukan PHK, karena kondisi bisnis yang tengah melambat akibat harga minya dunia yang anjlok mencapai 50% sejak Juni tahun lalu. Saat ini bahkan harga minyak di bawah US$ 50/barel, dari angka tertingginya di atas US$ 100/barel pada tahun lalu.

Meski begitu, perusahaan besar di Tiongkok ini telah berjanji? pada pemerintah Kanada untuk tetap mempertahankan manajemen perusahaan Nexen dan pekerjanya, bersamaan dengan investasi di sektor migas di sana.?

“Ini sangat disesalkan. Keputusan ini penting. Diambil untuk menyelaraskan perusahaan dengan program pengurangan modal kami,” kata Chief Executive Nexen, Fang Zhi dalam pernyataannya.?

“Kita sudah mempertimbangkan matang-matang soal keputusan ini, dan semua pekerja yang terdampak sudah diperlakukan dengan adil dan terhormat,” imbuhnya.?

Kementerian Perindustrian Kanada menyebut, pihak Nexen mempertimbangkan PHK ini, untuk meyakinkan bahwa itu akan sesuai dengan komitmen CNOOC. Lewat pemangkasan pegawai ini, 13% karyawan Nexen berkurang dari jumlahnya yang mencapai 3.200 orang.