Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Kiat Agar Lansia Tetap Sehat, Aktif dan Produktif

056055600_1462421548-20160504-Begini-Cara-Warga-Inggris-Menikmati-Udara-Hangat-AFP-7Rifan Financindo Berjangka -?Lansia atau orang lanjut usia sebenarnya dapat diberdayakan sebagai subyek dalam pembangunan kesehatan. Pengalaman hidup menempatkan Lansia bukan hanya sebagai orang yang dituakan dan dihormati di lingkungannya, tetapi juga dapat berperan sebagai agen perubahan (agent of change) di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya dalam mewujudkan keluarga sehat, dengan memanfaatkan pengalaman yang sudah dimiliki dan diperkaya dengan pemberian pengetahuan kesehatan yang sesuai.

?Para lansia kita harapkan menjadi pribadi yang sehat, aktif dan produktif. Jangan sampai menjadi beban keluarganya. Itu bisa dicapai dengan mengatur pola hidup, menjaga kesehatan, mempersiapkan jauh sebelum kita menjadi lansia?, tandas Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes. di Jakarta.

Salah satu upaya untuk memberdayakan lansia di masyarakat, kata Untung adalah dengan melakukan pembinaan kelompok yang di beberapa daerah disebut Posyandu Lansia atau Posbindu Lansia.

Melalui kelompok ini, lansia dapat melakukan kegiatan yang dapat membuat mereka tetap aktif, antara lain dengan berperan sebagai kader di kelompok, melakukan senam lansia, memasak bersama, serta membuat kerajinan tangan. Selain menyalurkan hobi, semua ini juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Untung menyebutkan, 29 Mei dicanangkan sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Menurutnya, ini adalah momen untuk meningkatkan kesadaran/perhatian masyarakat terhadap lansia.

Dengan tema ?Bersama Lansia, Dari Lansia, Untuk Lansia? dan sub tema ?Lansia Sehat Lansia Aktif dan Produktif?, Kemenkes mengadakan berbagai kegiatan antara lain kampanye kesehatan di Car Free Day Jakarta pada 29 Mei, peluncuran rencana aksi nasional (RAN) kesehatan lansia 2016-2019, pencanangan Kabupaten Bogor sebagai projek rintisan pelaksanaan RAN Kesehatan Lansia,1 Juni 2016, dan Bakti Sosial Kesehatan Lansia pada acara puncak Peringatan HLUN 2016 yang dikoordinasi oleh Kemensos di Bekasi, pada 2 Juni.