Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Kenaikan Yen dan Produksi Global Membuat Harga Karet Terpuruk

tocom-745x483

Rifan Financindo Berjangka – Harga karet alami Tocom pada sesi perdagangan Jumat pagi terpantau mengalami penurunan yang cukup signifikan (18/9). Pelemahan di pasar karet terjadi disebabkan oleh faktor utama yaitu peningkatan nilai tukar yen Jepang. Pada perdagangan hari ini aksi ambil untung juga menjadi faktor teknikal yang mendorong turun harga karet setelah harga ditutup naik mantap di akhir sesi perdagangan Kamis.

Harga karet alami di pasar global memang sedang lesu saat ini. Sejak awal tahun lalu permintaan karet dunia mengalami penurunan. Kinerja ekonomi Tiongkok yang melambat menjadi faktor utama yang menyebabkan harga karet kehilangan taji.

Di samping akibat melorotnya harga minyak mentah, produksi karet global mengalami peningkatan. Kedua kondisi ini menyebarkan sentimen negatif yang membuat harga karet tertekan. Association of Natural Rubber Producing Countries (ANRPC) memperkirakan bahwa output global bisa mengalami kenaikan lebih dari 5 persen tahun ini. Tingkat produksi global tahun 2015 diperkirakan berada di level 11,18 juta ton.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 175,0 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka dibuka turun cukup signifikan sebesar 1,2 yen dibandingkan dengan penutupan perdagangan Kamis siang kemarin.

Saat ini harga karet alami berjangka Tocom terpantau makin terpuruk di zona merah. Harga komoditas ini telah mencapai posisi 173,3 yen per kilogram, turun sebesar 2,9 yen dari posisi penutupan perdagangan kemarin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Faktor utama yang menjadi penggerak harga hari ini adalah mata uang yen yang sedang menguat terhadap dollar AS.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level resistance di posisi 180,00 yen. Level resistance selanjutnya ada di 187,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 165,00 ?yen dan 160,00 yen.