Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Kenaikan Harga Karet Senin Pagi Didukung Harga Minyak

Rubber-rubber-rubber-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari Senin pagi ini harga karet berjangka terpantau membukukan kenaikan yang cukup baik (6/4). Di awal perdagangan hari ini harga mengalami pembukaan di teritori positif dan mampu melanjutkan kenaikan yang lebih tinggi. Peningkatan harga minyak mentah menjadi pendorong kenaikan harga komoditas tersebut.

Harga minyak mentah terangkat menguat seiring dengan dinaikkannya harga minyak mentah dari Arab Saudi untuk para pembelinya di Asia mulai bulan Mei mendatang. Kenaikan tersebut menurut Menteri Perminyakan Ali Naimi dikarenakan membaiknya permintaan global.

Kenaikan harga minyak mentah sendiri membuat biaya produksi karet sintetis berbahan baku minyak mentah menjadi relatif lebih mahal. Dengan demikian permintaan terhadap karet alami akan mengalami kenaikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak September hari ini tampak dibuka pada posisi hijau. ?Harga karet alami untuk kontrak September tersebut dibuka naik sebesar 0,5 yen atau setara dengan 0,16 persen dan berada di posisi 204,6 yen per kilogram. Saat ini harga masih melanjutkan kenaikan dan berada di level 205,0 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk melanjutkan kenaikan, setidaknya bertahan di teritori positif. Meskipun demikian para pelaku pasar juga harus mewaspadai dampak dari nilai tukar yen yang sedang menguat terhadap dollar AS.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 208,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 212,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 202,00 ?yen dan 200,00 yen.