Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Kemerosotan Ringgit Menguntungkan Harga CPO

sawit

Harga minyak kelapa sawit untuk perdagangan hari ini (20/12) dilaporkan mengalami kenaikan kembali. Penguatan kembali berlanjut setelah mata uang Malaysia, Ringgit sampai dengan siang hari ini terus mengalami pelemahan. Bergerakan yang terjadi oleh ringgit bahkan mengantarkan mata uang Malaysia tersebut kini berada di level 3,2855 per dollar AS atau mengalami pelemahan sebesar 0,4%. Posisi tersebut merupakan yang terendah dalam 3 tahun terakhir.

Dengan melemahnya ringgit terhadap dollar AS semakin memberikan keuntungan bagi sektor eksportir di Malaysia. Alhasil hal positif tersebut untuk sementara dapat menutup sentimen negatif yang datang dari adanya spekulasi penurunan permintaan global dalam jangka pendek.

Harga minyak kelapa sawit berjangka saat ini mengalami kenaikan 0,7% menjadi 2590 ringgit atau 789 dollar per metrik ton di Bursa Malaysia Derivatives. Sepanjang pekan ini harga minyak kelapa sawit tercatat mengalami kenaikan sebesar 0,8%.

Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting memprediksi bahwa pergerakan harga minyak kelapa sawit diperkirakan akan masih berpeluang mengalami kenaikan untuk awal pekan depan. Bagi para pelaku pasar, momentum jelang libur Natal dan Tahun Baru akan memberikan dorongan bagi aksi beli jangka pendek. Harga minyak kelapa sawit berjangka diperkirakan akan bergerak pada kisaran 2595 ? 2600 ringgit per metrik ton.