Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Jelang Data Jepang, Yen Melemah Terhadap Dolar

Rifan Financindo Berjangka Semarang – Perdagangan valuta asing di hari Senin(8/12), yen terpantau melemah terhadap dolar AS ketika pasar tengah menanti hasil laporan pertumbuhan domestik bruto di wilayah Jepang.

Pasangan USDJPY menguat 0.26% di level 121.76 dimana terpantau menyentuh level 121.58 untuk sesi terendah harian dan level 121.85 untuk sesi tertinggi harian.

Pergerakan yen hari ini akan alami pergerakan ketika dirilisnya serangkaian data ekonomi Jepang hari ini yang mana hal tersebut telah berhasil mencuri perhatian pasar. Laporan pada pagi hari ini akan diawali dengan sebuah laporan PDB Jepang di kuartal tiga, transaksi berjalan di bulan Oktober, dan jumlah pinjaman perbankan.

Survei ekonom telah memperkirakan bahwa PDB Jepang akan mengalami penurunan sebesar 0.1% di kuartal tiga, sedangkan pada transaksi berjalan di wilayah Jepang diperkirakan akan alami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 0.46T di bulan Oktober. Sedangkan untuk jumlah pinjaman oleh warga Jepang akan mengalami kenaikan sebesar 2.1% di bulan November.

Sejalan dengan perkiraan ekonom yang memperkirakan bahwa? akan terjadi pelemahan pada hasil pertumbuhan domestik bruto Jepang di kuartal tiga, hal ini tentunya akan menjadikan tekanan bagi yen untuk lanjutkan pelemahannya. Akan tetapi, apabila hasil PDB Jepang alami kenaikan, maka ini merupakan sebuah peluang bagi yen untuk menghapus kerugiannya saat ini.

Sementara itu, pada kondisi transaksi berjalang di wilayah Jepang yang memperlihatkan penguatan tersebut, maka ini merupakan sebuah dukungan lain bagi yen untuk perbaiki pelemahannya saat ini.